Bab 5

halifsuryanafisa

1. Tuliskan bahan dan alat pembuatan project....

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat animasi:

1.Komputer dengan spesifikasi minimal 800 MHz, memory 64 MBps, VGA 32.

2.macam-macam peralatan dan pengertian untuk          pembuatan animasi

3. PERSIAPAN KEBUTUHAN DASAR.

4.Lightbox Portable Lightbox

5.pensil kayu mechanical pencil


2. Tuliskan Langkah-langkah membuat project...

6 Langkah Mudah Membuat Project Plan

Langkah 1: Identifikasi dan Hubungi Para                                           Stakeholders.

Langkah 2: Tetapkan dan Prioritaskan Tujuan.

Langkah 3: Tentukan Hasil Kerja.

Langkah 4: Buat Timeline Pekerjaan.

Langkah 5: Identifikasi Risiko dan Rencanakan                                 Solusi Penyelesaiannya.


3.Buatlah animasi traditional flip book sederhana           dengan kaidah yang benar yang kalian dapatkan         dari literasi atau internet!

Ambil setumpuk kertas. Anda dapat memakai buku memo, kertas lipat, loose leaf, kertas cetak, atau bahkan ujung sebuah buku! Kertas tipis biasanya lebih baik, karena lebih mudah untuk dibalik. Kertas tebal juga dapat dipakai dengan memakai penjepit, tapi mungkin akan sulit atau lambat untuk dibalik lembarannya.

Berapa banyak kertas yang Anda butuhkan? Semakin banyak frame (halaman) per detik yang digunakan, maka akan semakin realistis pergerakan objeknya.

Gambar bergerak umumnya memiliki antara 24 dan 30 frame untuk setiap detiknya – yang akan membutuhkan banyak gambar, bahkan hanya untuk tiga detik flip (proses membalik halaman)! Untuk flipbook, jumlah frame antara 5 sampai dengan 15 frame setiap detik sudah cukup.

Step 2 Pilihlah tokoh Anda.

2

Pilihlah tokoh Anda. Mulailah dengan rancangan atau tokoh yang ingin Anda animasikan. Anda tidak harus menjadi seorang seniman yang hebat, dan flipbook Anda dapat menampilkan apapun yang Anda sukai. Tokoh utama Anda dapat berupa gambar manusia tongkat, orang, hewan, atau apapun yang ingin Anda gerakkan seperti mobil, pesawat, perahu, dan lain-lain.

Objek berupa benda mati juga dapat digunakan dalam flipbook; benda-benda sederhana seperti bola yang memantul dapat menjadi karya yang bagus.

Flipbook tidak harus dianimasikan; Anda juga dapat memakai foto. Gunakan imajinasi Anda!

Step 3 Satukan kertas lipat atau buku memo berbarengan.

3

Satukan kertas lipat atau buku memo berbarengan. Jika Anda memisahkannya, flipbook itu tidak akan berhasil atau dapat jatuh berserakan.

Step 4 Carilah lembaran kertas paling bawah dari tumpukan kertas yang digunakan.

4

Carilah lembaran kertas paling bawah dari tumpukan kertas yang digunakan. Gambarlah bentuk atau objek pertama di sini. Gunakan pensil agar Anda dapat menghapus kesalahan gambar. Anda dapat membuat garis bentuk dari pensil menjadi pena jika Anda ingin membuatnya lebih terlihat nantinya.

Anda juga dapat memulai dari lembaran kertas paling atas, tapi akan membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan animasi yang lancar karena Anda tidak akan dapat mengacu atau melihat jejak gambar sebelumnya (ketika menggambar).

Anda juga dapat menambahkan gambar latar belakang, jika diinginkan. Gambar latar belakangnya dapat berupa pemandangan statis, seperti rumah atau sesuatu yang tidak bergerak dari suatu frame ke frame berikutnya, atau dapat juga sesuatu yang bergerak, seperti awan atau pesawat terbang.

Step 5 Baliklah menuju frame berikutnya (lembar berikutnya dari bagian bawah).

5

Baliklah menuju frame berikutnya (lembar berikutnya dari bagian bawah). Anda seharusnya dapat melihat gambar awal Anda tembus melalui kertas itu. Jika tidak, mungkin kertasnya terlalu tebal atau garis pensil Anda kurang jelas, jadi ulangi lagi karena penting bahwa Anda masih dapat melihat tembus kertas itu untuk mengetahui di mana harus menggambar objeknya.

Jika tokoh gambar Anda akan bergerak, gambarlah pada lokasi yang sedikit berbeda.

Jika tidak bergerak, gambarlah pada tempat yang sama.

Perubahan yang lebih besar pada tokoh gambar akan tampak sebagai gerakan yang lebih cepat ketika Anda melakukan flip. Perubahan yang lebih kecil akan tampak sebagai gerakan yang lebih lambat.

Step 6 Ulangi proses ini.

6

Ulangi proses ini. Teruslah menggambar tokoh atau objek terus-menerus sampai Anda kehabisan lembar kertas. Untuk setiap gambar, buatlah sedikit penyesuaian sehingga tokoh atau objek mulai berubah posisi atau bergerak. Terserah pada Anda tentang seberapa banyak Anda inginkan pergerakannya, tapi Anda seharusnya merencanakan setiap gerakan sesuai jumlah halaman yang Anda miliki agar Anda dapat menampung gerakan tersebut.

Step 7 Cobalah!

7

Cobalah! Ujilah hasil akhir untuk melihat apakah Anda mendapatkan animasi tokoh atau objek sesuai yang Anda inginkan. Jika animasinya tampak tidak banyak berubah, kembali dan buatlah beberapa perubahan untuk membantu meningkatkan gerakan animasinya.

Setelah Anda puas dengan animasi tersebut, Anda dapat memakai pena untuk membuat garis bentuk agar lebih mudah dilihat.

Step 8 Jadilah kreatif.

8

Jadilah kreatif. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan flipbook. Mulailah dengan hal sederhana, mungkin dengan bola yang memantul, atau raut wajah kesal yang berubah menjadi raut wajah tersenyum. Anda bahkan juga dapat mengembangkan gambar yang Anda mulai, dan membuatnya menjadi gambar yang berbeda.

Sebagai contoh, jika Anda memulai dengan gambar bola yang memantul, Anda dapat memulai ulang, dan menambahkan tangan, kaki dan wajah yang "muncul" setiap kali bola memantul.


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)