Aplikasi atau software untuk membuat animasi pendukung pembuatan animasi

Bara albany




 3D Blender adalah aplikasi grafik komputer yang memungkinkan Anda untuk memproduksi suatu gambar atau animasi berkualitas tinggi dengan menggunakan geometri tiga dimensi. Tidak hanya untuk membuat suatu model atau animasi 3 dimensi, aplikasi 3D Blender pun sudah cukup mumpuni untuk digital sculpting, mengedit video, 2D & 3D tracking, postproduction bahkan untuk membuat game. Dan aplikasi ini juga bisa di jalankan di berbagai macam platform sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS, Linux, dan lain-lain.

Yang membuat 3D Blender berbeda dari perangkat lunak 3D lainnya adalah aplikasi 3D Blender merupakan proyek open source dan diberikan secara gratis. Proyek open source seperti 3D Blender mengandalkan bantuan dari penggunanya untuk ikut mengembangkan atau membiayai pengembangan software ini. Karakteristik lain dari proyek open source adalah sifatnya yang terbuka. Di mana source code asli dari 3D Blender bisa diperoleh oleh siapa saja. Diharapkan mereka yang memperoleh source code-nya dapat membantu pengembangan dengan menambahkan fitur atau perbaikan tertentu pada 3D Blender.

Pada awalnya 3D Blender dikembangkan sebagai alat produksi dalam lingkungan internal perusahaan animasi Belanda bernama NeoGeo. Perusahaan ini didirikan oleh Ton Roosendaal yang juga merupakan pengembang utama 3D Blender. Pada akhir tahun 1990, NeoGeo mulai memberikan 3D Blender sebagai aplikasi yang bisa diunduh dari situs mereka. Kemudian perlahan-lahan muncul ketertarikan pengguna di luar NeoGeo terhadap aplikasi ini. Oleh karena itu pada tahun 1998, Ton Roosendaal mendirikan perusahaan baru bernama Not a Number (NaN) dan mencoba memasarkan dan menjual 3D Blender. NaN masih mendistribusikan versi gratis dari 3D Blender sekaligus juga menawarkan versi lanjut dengan fitur yang lebih banyak dengan harga yang murah. Strategi pemasaran seperti itu menghasilkan pengguna 3D Blender sebanyak 250.000 di seluruh dunia pada tahun 2000.

Sayangnya meskipun 3D Blender memperoleh popularitas, namun NaN tidak memperoleh cukup keuntungan untuk memuaskan para investor. Karena alasan itulah pada awal 2002 NaN ditutup dan berhenti mengembangkan 3D Blender. Meskipun NaN sudah tidak ada lagi, 3D Blender sudah mempunyai komunitas yang besar. Pada saat itu para pengguna 3D Blender ingin mencari jalan agar aplikasi favorit mereka tidak hilang dan terabaikan. Pada bulan Juli, 2002, Ton Roosendaal, pengembang 3D Blender kemudian mendirikan yayasan nirlaba dan mengatur perjanjian dengan investor NaN untuk membeli source code 3D Blender. Pada saat itu perjanjian tercapai dengan harga $100.000. Lalu dimulailah usaha penggalangan dana melalui yayasan yang didirikan oleh Ton Roosendaal yang pada akhirnya berhasil membeli source code 3D Blender untuk kemudian diubah menjadi aplikasi pembuat animasi 3D open source yang bisa kita nikmati saat ini dengan gratis.




Pivot Animator adalah perangkat lunak sederhana untuk membuat animasi berdasarkan stickfigures (orang yg bentuknya garis-garis yg punya kepala bulet doang...) , Software ini memberikan kemungkinan untuk membuat animasi dengan menggerakkan sendi dan node dari figures. ada juga fitur "figure editor" yg memberikan kemungkinan untuk membuat setiap jenis bentuk karakter yang Anda inginkan.




Synfig Studio adalah perangkat lunak animasi 2D gratis dan sumber terbuka, dirancang sebagai solusi kekuatan industri yang kuat untuk membuat animasi berkualitas film menggunakan karya seni vektor dan bitmap. Ini menghilangkan kebutuhan untuk membuat animasi bingkai demi bingkai, memungkinkan Anda menghasilkan animasi 2D dengan kualitas lebih tinggi dengan lebih sedikit orang dan sumber daya.




Anime Studio adalah program vektor dasar yang didesain untuk membuat transisi agar animasi Anda lebih mudah bergerak. Program ini juga sangat baik untuk pemula tapi bisa juga Anda memilih mode standar jika bukan pemula.




Software Animasi 3D yang Mudah, membuat Judul Film 3D dan Animasi Intro dalam Hitungan Menit. Animasi Bingkai Kunci Fleksibel untuk Logo dan Teks 3D. Ekspor ke Video, GIF atau Urutan Gambar dan impor ke Perangkat Lunak Pengeditan Video. Kompatibilitas Penuh dengan Photoshop, llustrator, iMovie, Final Cut, Premiere dan sebagainya. Dukungan Unicode: Karakter Latin, Arab, Jepang, dan Korea. Untuk Mac dan Windows.





AnimatorDV Simple adalah perangkat lunak animasi yang kuat yang membantu pengguna menciptakan film animasi stop motion dengan mudah menggunakan antarmuka. Kamu dapat men-download versi lengkap dari Simple AnimatorDV secara gratis dari situs web software download


Stykz merupakan program untuk membuat animasi sederhana berbasis pivot yang menghasilkan kombinasi gerakan frame per frame. Program Stykz menjadi pilihan karena harganya yang gratis, ukuran file yang tidak terlalu besar, dan mudah dioperasikan.





Pencil2D adalah perangkat lunak animasi 2D sumber terbuka dan gratis untuk Windows, macOS, dan sistem operasi mirip Unix. Ini dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU dan menggunakan kerangka kerja Qt. Ini digunakan untuk membuat kartun menggunakan teknik tradisional, mengelola gambar vektor dan bitmap.



TupiTube adalah perangkat lunak animasi 2D sumber terbuka dan gratis untuk seniman amatir, anak-anak, dan remaja. Ini tersedia untuk Windows, Mac OS X, sistem operasi mirip Unix, dan Android. Proyek ini dikembangkan dan dikelola oleh startup Kolombia, MaeFloresta.





Daz Productions, Inc. adalah perusahaan konten 3D dan perangkat lunak yang mengkhususkan diri dalam menyediakan model manusia 3D yang dicurangi, konten aksesori terkait, dan perangkat lunak untuk penghobi serta pasar prosumer.





Moho adalah aplikasi animasi 2D berbasis vektor yang didistribusikan oleh Lost Marble LLC. Ini memiliki dua paket berbeda: Moho Pro dan Moho Debut, mirip dengan versi pro tetapi dengan fitur yang dibatasi.




Terragen adalah program pembuat pemandangan untuk Microsoft Windows dan Mac OS X yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Planetside Software. Ini dapat digunakan untuk membuat rendering dan animasi lanskap. 



Seamless3d adalah perangkat lunak pemodelan 3D sumber terbuka yang tersedia di bawah lisensi MIT. Model untuk dunia virtual reality Techuelife Island dibuat menggunakan teknologi Seamless3d.




Toon Boom Harmony adalah program perangkat lunak animasi produksi terkemuka dari Toon Boom Animation dan dibuat untuk para profesional animasi.




Toonz adalah program perangkat lunak animasi 2D. Aplikasi dasar saat ini dikelola oleh Dwango sebagai perangkat lunak sumber terbuka dengan nama OpenToonz. Varian komersial yang diperluas untuk individu dan studio profesional, Toonz Premium, sedang dikembangkan dan dipasarkan oleh Digital Video S.p.A.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)