Software Animasi 3d

MuhammadRandyFauzi

1.Blender 

Animasi merupakan sekumpulan gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu tertentu, sehingga dapat menciptakan suatu ilusi bergerak. Tentunya kita tahu, bahwa peran animasi di era digital saat ini sangat powerfull. Memang pada awalnya animasi hanya digunakan sebagai media hiburan semata. Namun faktanya, saat ini animasi dapat digunakan untuk berbagai hal. Misalnya seperti iklan, memperindah tampilan website, video tutorial, movie, dsb.

 mengenai animasi, tentunya tidak akan lepas dari proses pembuatannya bukan. Tidak banyak orang mengetahui, bahwa dalam membuat Animasi tidaklah semudah yang dikira. Banyak sekali hal yang diperlukan selain pengetahuan dasar mengenai Animasi. Tentu saja dalam memuat semua keperluan tersebut dibutuhkan sebuah software animasi untuk membuatnya. Blender merupakan salah satu software animasi populer yang paling sering digunakan oleh masyarakat dalam membuat proyek animasi.


Memang terdapat banyak sekali software animasi yang dapat pengguna temui. Namun pada kenyataannya, Blender masih menjadi salah satu software animasi terbaik. Melalui artikel ini, saya akan membahas mengenai apa itu Blender. Tentunya sebagai penunjang kelengkapan informasi, saya juga akan jelaskan mengenai fungsi, manfaat, fitur, kelebihan dan kekurangan dari Blender.


Sebagai software animasi 3D terpopuler di dunia, Blender menghadirkan beragam layanan serta fitur unik yang mampu mempermudah dan mempercepat pengguna dalam membuat animasi 3D. Misalnya seperti Modifier, Animation, Motion Tracking, dan lainnya yang dapat pengguna simak berikut ini.


1. Modifier

Modifier merupakan sebuah operasi otomatis yang mempengaruhi objek dengan cara tidak merusak. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan banyak efek secara otomatis untuk diperbarui secara manual dan tanpa mempengaruhi geometri dasar objek pengguna.


2. Seamless Sculpting

Dengan Digital Sculpting (alat pahat digital), pengguna diberikan kekuatan dan fleksibilitas yang dibutuhkan dalam beberapa tahap jalur produksi digital. Misalnya pengguna dalam keadaan mendesain karakter, dan eksplorasi atau desain lingkungan.


3. Animation

Animasi dalam Blender merupakan fitur di mana membuat suatu objek bergerak atau berubah bentuk seiring waktu. Dengan fitur ini pengguna dapat mengubah posisi, orientasi atau ukuran objek sesuai waktu yang telah ditentukan. Selain itu, dapat juga membuat objek bergerak berdasarkan pergerakan objek lain.



4. Motion Tracking

Blender menampilkan kamera siap produksi dan pelacakan objek, di mana memungkinkan pengguna untuk mengimpor rekaman mentah, melacaknya, menutupi area, dan merekonstruksi pergerakan kamera secara langsung dalam adegan 3D.


5. Scripting

Tidak jarang pengguna mengetahui bahwa Blender hadir dengan beragam ekstensi yang dapat diaktifkan atau nonaktifkan dengan mudah. Tentunya dengan adanya ekstensi ini, pengguna akan diberikan kemudahan dalam mengerjakan proyek yang akan dibuat. Beberapa ekstensi tersebut meliputi, generator (pohon, medan, awan), benda fraktur, 3D Printing Toolbox, perkuat sistem meta-rigging, impor dan ekspor dukungan format (After Effects, DirectX, Unreal Game Engine) dan masih banyak lagi.


6. Interface

Dan yang paling menarik adalah pengguna dalam menyesuaikan tata letak mereka sepenuhnya. Misalnya dengan membagi viewport, atau menyesuaikan dengan scrips python. Sementara itu, Blender juga menawarkan konsistensi di semua platform, tidak ada jendela pop-up yang mengganggu, serta dukungan untuk tampilan hi-dpi.

2.Pivot Animator

Pivot Animator adalah perangkat lunak sederhana untuk membuat animasi berdasarkan stickfigures (orang yg bentuknya garis-garis yg punya kepala bulet doang...) , Software ini memberikan kemungkinan untuk membuat animasi dengan menggerakkan sendi dan node dari figures. ada juga fitur "figure editor" yg memberikan kemungkinan untuk membuat setiap jenis bentuk karakter yang Anda inginkan.

Dari namanya yaitu animator, dimana kalian bisa membuat animasi sendiri dan juga tanpa perlu keahlian menggambar. Di Pivot Animator, kalian akan membuat animasi dengan menggerakkan poros-poros dari stickman yang kemudian digerakkan dalam frame-frame, sehingga membentuk animasi seperti yang kalian inginkan.




Ketika menjalankan program, kalian akan ditampilkan layar utama dari sebuah proyek baru yang dibagi menjadi tiga bagian: bagian kanan, area kerja atau tempat kalian akan menggerakkan animasi. Kemudian bagian kiri, yaitu bagian operasional dimana kalian memasukkan atau mengatur stickman serta frame yang dikerjakan. Yang terakhir, bagian atas, adalah daftar frame yang dikerjakan dengan tampilan thumbnail.


Saat pertamakali membuka, area kerja atau yang dibagian kanan, akan memunculkan satu stickman yang bisa kalian pelajari dasar-dasarnya. Begitu kalian melewati tahap tersebut, kalian bisa menggeluti menjadi animator. Kalian bisa memasukkan stickman baru yang disiapkan di file pivot(seperti koboi, gajah, kuda, alfabet, dan lain-lain). Jika kalian kreatif dan ingin menciptakan stickman baru, kalian juga bisa membuat dengan editor yang menyediakan garis, lingkaran, dan lain sebagainya. Di editor juga bisa membesarkan atau mengecilkan, memanjangkan, memberi warna, atau mengedit stickman yang sudah ada hingga menjadi variasi dari kekreatifitasan kalian masing-masing. Ada juga beberapa website yang menyediakan stickman untuk bisa dimasukkan kedalam Pivot Animator sehingga kalian tidak perlu susah payah membuat stickman baru.

 

3.Synfig Studio

Synfig adalah salah satu perangkat lunak animasi 2D terbaik yang telah dirancang untuk artis solo atau tim kecil untuk mengelola alur kerja dan proyek animasi mereka. Sebagai perangkat lunak animasi open source, Synfig menggunakan sistem animasi “Tweenless” yang tidak hanya memotong waktu yang dibutuhkan animasi untuk diproses, tetapi juga memberi animator kemampuan untuk menambahkan bingkai gambar bijaksana. Ketika datang untuk menggunakan Synfig, itu benar -benar adalah perangkat lunak animasi yang ringan dan cepat yang dapat menjadi tambahan yang bagus untuk pipa ilustrasi dari setiap artis yang bekerja solo atau dalam tim kecil. Selain itu, komunitas Synfig adalah tempat aktif untuk menemukan tidak hanya tutorial tentang penggunaan aplikasi perangkat lunak, tetapi sumber daya untuk membantu Anda menemukan solusi jika Anda mengalami penghalang jalan. Anda dapat dengan mudah menggunakan Synfig pada beberapa sistem operasi termasuk Windows, Mac OS, dan Linux. Harap diingat bahwa saat menggunakan Synfig, sistem Anda harus memiliki:


Setidaknya 2GB RAM atau lebih

CPU inti ganda pada 2 GHz atau lebih Synfig telah digunakan untuk menjiwai cukup banyak proyek populer termasuk Proyek Morevna: Demo, Batas waktu oleh Morevna, prolog detektif kutub oleh Cyan Los dan banyak proyek komersial lainnya. Ini menunjukkan ruang lingkup Synyfig karena dapat digunakan untuk proyek komersial dan pribadi juga. Baik Anda baru mengenal dunia animasi atau maju dalam karier Anda, Synfig dapat membuat edisi yang bagus untuk skillset Anda dan membantu Anda mengembangkan pemahaman yang erat untuk membuat animasi 2D yang luar biasa. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang program perangkat lunak animasi lain maka Anda dapat memeriksa panduan dan tutorial lain yang telah kami buat untuk Anda.


4.Anime Studio

adalah animasi asal Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Kata anime merupakan singkatan dari animation dalam bahasa Inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi.[1] Di luar Jepang, istilah ini digunakan secara spesifik untuk menyebutkan segala animasi yang diproduksi di negara Jepang.[2][3] Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa anime dapat diproduksi di luar Jepang.[4][5][6] Beberapa ahli berpendapat bahwa anime merupakan bentuk baru dari

Anime pertama yang mencapai kepopuleran yang luas adalah Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada 1963. Saat ini, anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime zaman dahulu, dengan grafis yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. Masyarakat Jepang, dari anak-anak hingga orang dewasa, sangat antusias menonton anime dan membaca manga. Mereka menganggap anime itu bagian dari kehidupan mereka. Hal ini yang membuat beberapa televisi kabel menjadi terkenal akan beberapa film kartunnya, seperti Cartoon Network dan Nickelodeon yang mengekspor kartunnya. Sekarang anime menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan bagi beberapa orang, dan banyak juga orang yang memanfaatkan hal ini untuk disalahgunakan.

Pembuat anime disebut animator. Para animator bekerja disebuah studio untuk memproduksi sebuah anime. Di dalam studio itu, terdapat beberapa animator yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah anime yang berkualitas. Akan tetapi, sangat disayangkan, gaji dari para animator tersebut tergolong rendah jika dibandingkan dengan kerja keras mereka. Hal ini yang membuat para animator enggan untuk bekerja secara profesional. Mereka merasa hal itu tidak sebanding dengan usaha yang telah mereka lakukan. Para animator itu sering disebut "seniman bayangan". Karena mereka bekerja seperti seorang seniman yang berusaha mengedepankan unsur cerita dan unsur intrinsiknya.

Pembajakan juga mempersulit para animator untuk mendapatkan keuntungan penuh dari hasil kerja keras mereka, meski ternyata juga ada "gosip" yang mengatakan bahwa ada pihak produsen anime yang menyebarluaskan karya mereka di luar jalur perdagangan resmi dengan tujuan untuk lebih mempopulerkan hasil karya mereka.

Beberapa orang yang pergi ke Jepang untuk belajar mengenai pembuatan anime karena tertarik setelah melihat berbagai anime yang telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Ada juga pihak yang membuat hasil karya yang serupa atau bahkan mungkin meniru ciri anime, misalnya Korea Selatan dan beberapa negara Asia lainnya.

Teknologi grafis komputer dan sebagainya telah mempermudah pembuatan anime sekarang ini, karena itu ada yang menganggap bahwa kualitas artistiknya lebih rendah dibandingkan dengan anime masa lalu. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa kualitas gambarnya pun pada saat sekarang ini lebih nyaman dilihat dan lebih mudah dimengerti karena gambarnya lebih proporsional dan warnanya lebih jelas, ditambah keberadaan teknologi definisi tinggi.

5.Aurora 3D Animation Maker

Ini merupakan aplikasi membuat video atau animasi 3D yang dapat digunakan semua orang. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai review Aurora Animation Maker dan mengapa disarankan bagi siapa saja yang ingin menambahkan teks animasi baru di judul video mereka.

Aurora 3D Animation Maker adalah software animasi judul 3D yang mudah digunakan yang membantu merancang dan membuat animasi 3D yang indah yang akan mengubah teks dan logo sederhana kamu menjadi animasi 3D yang eksotis dan menarik.


Dengan tampilan “timeline” yang minimal, Aurora memungkinkan kamu membuat dan mengontrol setiap aspek video animasi kamu. Pertahankan durasi dan kecepatan video kamu dengan mengedit animasi dengan cepat. Selain itu, Aurora 3D Animation Maker juga memungkinkan kamu untuk menggabungkan animasi kamu ke berbagai platform dengan mengekspor proyek. Aurora 3D Animation Maker menyediakan opsi ekspor dalam format .MOV, GIF, dan satu set gambar.


Memulai & Menyiapkan

Menawarkan begitu banyak alat, aplikasi ini memang berbayar. Namun, perusahaan menyediakan versi uji coba untuk semua pengguna untuk mencoba fitur aplikasi animasi ini, tetapi kebanyakan dari mereka tersedia dengan yang berbayar. Jadi, kamu perlu membeli versi pro untuk semua fitur eksklusif.

Aurora 3D Animation Maker tersedia untuk aplikasi Windows dan Mac. Kamu dapat download versi uji coba langsung dari situs web resmi. Perusahaan juga menyediakan aplikasi animasi luar biasa lainnya untuk presentasi dan logo 3D juga.


Aplikasi ini cukup mudah digunakan, dan tidak masalah apakah kamu pernah membuat animasi sebelumnya atau tidak. Setelah menginstal aplikasi, kamu dapat memulai dengan semua hal mendesain langsung. Aurora 3D Animation Maker menyambut kamu dengan jenis dasbor yang profesional.

Untuk beberapa saat, kamu akan merasa bingung dengan begitu banyak alat dan opsi yang disediakan oleh aplikasi, tetapi pada akhirnya, kamu akan terbiasa. Ada beberapa video tutorial dan contoh yang tersedia untuk Aurora 3D Animation Maker di YouTube dan juga di situs resminya. Setelah memilih template yang tepat dari inventaris, kamu juga dapat memilih gaya teks. Warna dan desain eperti Tinta, Es, Kristal, Choco, Hijau, dll.

Bentuk/ Shape

Aplikasi ini juga menyertakan 20 bentuk berbeda yang akan membuat animasi dan kamu lebih menarik. Selain itu, kamu dapat membuat bentuk sendiri. Cukup pilih kotak dari panel samping.

Icon

kamu tidak perlu menambahkan gambar atau ikon tambahan dari sumber eksternal. Aurora 3D Animation sudah menyertakan setiap gambar yang menarik. Muulai dari simbol utama, ikon Windows, ikon media sosial, inventaris aplikasi mengemas semuanya.

Pencahayaan

Mengapa berhenti dengan animasi dasar ketika aplikasi bisa membawa kamu dengan gaya animasi yang sangat baik seperti Fireworks. Aurora 3D menghadirkan teknik animasi pencahayaan dan berbagai preset animasi keren lainnya. Selalu menyenangkan untuk bereksperimen dengan gaya yang ada dan membuat yang baru.

Fitur

  • Key-Frame & Animasi Internal
  • Preset Animasi Terintegrasi
  • Merancang & Membentuk Tanpa Sentuhan Tangan
  • Mode & Manipulator Grafik 3D
  • Latar Belakang Dinamis & Ekspresif
  • Ekspor proyek dalam bentuk gambar & video
  • Lebih dari 3000 simbol dan SVG untuk diimpor

Paket & Harga

Jadi berapa biaya aplikasi ini? Nah, Aurora 3D Animation Maker dibandrol seharga $69,95. Kompatibel dengan semua versi utama Windows dan Mac OS, kamu dapat menjalankan aplikasi secara efisien di perangkat kamu tanpa kesulitan. Saya juga merekomendasikan untuk mencoba versi gratisnya terlebih dahulu karena kamu bisa melihat semua fitur di dalamnya.

6.AnimatorDV

AnimatorDV Simple adalah aplikasi pembuatan animasi yang dapat membantu animator menciptakan film animasi stop motion dengan mudah dan praktis menggunakan antarmuka. Aplikasi ini tersedia dalam versi lengkap secara gratis. Versi ini memungkinkan animator menggunakan semua fitur yang tersedia. 


Para animator dapat menggunakan AnimatorDV Simple dengan cara mendownload aplikasi tersebut pada website resminya. Setelah itu, animator cukup memasang atau menginstal aplikasi pada laptop atau PC. Saat mendownloadnya juga tidak berbayar atau gratis. Jadi tunggu apa lagi, segera gunakan perangkat lunak ini untuk membuat video animasi.

7.Stykz

Stykz merupakan aplikasi pembuatan animasi yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux. Aplikasi yang dapat digunakan secara gratis ini menyediakan berbagai macam fitur yang memudahkan para kreator .salah satu aplikasi multimedia yang gratis. Ini berarti aplikasi ini dapat diunduh tanpa mengganti biaya apa pun dan dapat digunakan untuk membuat animasi yang dapat dibagikan ke pihak lain tanpa membutuhkan ijin terlebih dulu atau diimpor ke aplikasi lainnya tanpa dikenakan biaya lisensi apa pun.

Pembuatan animasi dengan Stykz tidak sulit, namun seperti pembuatan animasi-animasi pada umumnya dibutuhkan ketekunan dan ketelatenan dari si animator sehingga dapat menjadikan film animasi terlihat natural dan nyata. Selain ketekunan, seorang animator juga harus memiliki imajinasi yang tinggi untuk membuat kumpulan frame menjadi animasi dengan alur cerita yang menarik. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat animasi dengan Stykz.

Hal-hal yang dapat diketahui dari program aplikasi Stykz:

1. Hasil aplikasi dapat dilihat pada beberapa sistem operasi (Mac OS X, Windows dan Linux)

2. Gambar dapat dianimasikan pada satu poros tertentu.

3. Stykz dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana. Karena itu aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang animasi.

4. Animasi yang dihasilkan berbasis frame sehingga animasi dapat diperbaiki pada setiap frame animasi.

5. Animasi dapat langsung diperbaiki pada halaman kerja.

6. Aplikasi ini tidak dapat memasukkan gambar dari luar.

7 .Rangkaian animasi yang dibuat menggunakan program aplikasi Stykz adalah berupa animasi dari gambar batangan (stick) dengan bentuk geometri lainnya.

8.Pencil 2d Animation




Ada banyak sekali aplikasi untuk membuat animasi, dari aplikasi yang cukup sederhana hingga aplikasi yang cukup lengkap (seperti pada kasus Blender). Tetapi kali ini kita akan fokus pada alat luar biasa yang ditujukan untuk pembuatan animasi 2D dan, menurut saya, sangat tertata dengan baik secara visual dan cukup mudah digunakan.

9.Tupi


TupiTube adalah perangkat lunak animasi 2D sumber terbuka dan gratis untuk seniman amatir, anak-anak, dan remaja. Ini tersedia untuk Windows, Mac OS X, sistem operasi mirip Unix, dan Android. Proyek ini dikembangkan dan dikelola oleh startup Kolombia, MaeFloresta.

10.DAZ Studio

Daz studio merupakan software untuk pembuat animasi yang dikembangkan oleh DAZ 3D. kelebihan software ini bukan hanya fiturnya yang lengkap.

11.Moho

Moho adalah aplikasi animasi 2D berbasis vektor yang didistribusikan oleh Lost Marble LLC. Ini memiliki dua paket berbeda: Moho Pro dan Moho Debut, mirip dengan versi pro tetapi dengan fitur yang dibatasi.

12.Maya

perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin.

13.Terragen

Terragen adalah program pembuat pemandangan untuk Microsoft Windows dan Mac OS X yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Planetside Software. Ini dapat digunakan untuk membuat rendering dan animasi lanskap.

14.Seamless 3D

Seamless 3D termasuk kokoh dan praktis jika digunakan untuk membuat animasi 3D untuk situs.

Namun Seamless 3D lebih cocok untuk yang lebih berpengalaman.

15.Opentoonz

software animasi 2D yang didasarkan pada Toonz, software yang awalnya dikembangkan oleh pengembang Italia Digital Video.

16.Toon Boom Harmony

program perangkat lunak animasi produksi terkemuka dari Toon Boom Animation dan dibuat untuk para profesional animasi.


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)