Softwer animation

Zsaskia

1.Blender


 Merupakan sebuah perangkat lunak grafika 3D yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video. Umumnya Blender dikenal luas oleh masyarakat sebagai paket pembuatan 3D gratis dengan sumber terbuka. Blender sangat cocok untuk individu atau studio kecil yang ingin mendapatkan keuntungan dari pipeline terpadu dan proses pengembangan yang responsif.

Software ini juga dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, misalnya Windows, macOS, dan Linux. Memang pada kenyataannya banyak software animasi 3D yang dapat digunakan, meski demikian Blender tetap menjadi software animasi 3D terbaik. Hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri, mengingat Blender menyediakan beragam fitur yang menarik bagi penggunanya.

SEJARAH BLENDER

Sejarah Blender
Image Source : blender.org

Sejarah panjang perkembangan Blender berawal pada tahun 1988-an, ketika Ton Roosendaal mendanai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang animasi dengan nama NeoGeo. Pada saat itu, NeoGeo sangat berkembang dengan pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda. Namun pada tahun 1995, muncullah perangkat animasi yang bernama Blender.

Kemudian pada tahun 1998, Ton Roosendaal mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) dengan tujuan untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh lagi. Cita-cita NaN pada saat itu adalah untuk menciptakan sebuah perangkat lunak animasi 3D yang padat, lintas platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat pengguna komputer secara umum.

Setelah melalui lika-liku perjalanan yang sulit dan tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja. Akhirnya Ton Roosendaal mendirikan organisasi nirlaba yang diberi nama Blender Foundation. Tujuan utama terbentuknya organisasi ini adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek sumber terbuka.


2.PIVOT ANIMATOR



Pivot Animator adalah perangkat lunak sederhana untuk membuat animasi berdasarkan stickfigures (orang yg bentuknya garis-garis yg punya kepala bulet doang...) , Software ini memberikan kemungkinan untuk membuat animasi dengan menggerakkan sendi dan node dari figures. ada juga fitur "figure editor" yg memberikan kemungkinan untuk membuat setiap jenis bentuk karakter yang Anda inginkan.


3.  SYNFIG STUDIO




Synfig Studio adalah sistem animasi yang dirancang untuk mempercepat proses animasi dengan menggunakan sprite dan interpolasi digital daripada menambahkan karya seni ke beban kerja. Untuk alasan ini, ini sangat ideal untuk seniman yang bekerja sendiri atau dengan tim animasi kecil.

Synfig Studio menyimpan animasi dalam formatnya sendiri File XML. Sering di-gzip. File ini menggunakan ekstensi nama file .sif (tidak dikompresi), .sifz (dikompresi), atau .sfg (format wadah zip). Penyimpanan file data grafik vektor, menyematkan atau mereferensikan gambar bitmap eksternal dan juga memberi kami riwayat revisi proyek. Kami akan dapat membuat format video seperti AVI, Theora dan MPEG, serta format grafik animasi seperti MNG dan GIF. Program ini juga dapat memproses urutan file gambar bernomor, menggunakan format seperti.


4. ANIME STUDIO

 Contoh Anime Studio

 A-1 Pictures

Studio pertama yang masuk ke dalam daftar ini adalah A-1 Pictures. Studio ini berdiri pada tahun 2005 di Jepang. Pada awal berdiri, anime yang diproduksi A-1 Pictures lebih berfokus pada anime yang sederhana dan bertemakan keluarga. Namun seiring waktu, genre film mereka pun semakin luas. Mereka tak lagi ragu untuk menyentuh genre fantasy dan action yang terkenal sulit. 

Walaupun masih tergolong baru karena belum berjalan lebih dari dua dekade, sudah banyak anime berkualitas yang dihasilkan studio yang satu ini. Anime-anime mereka pun banyak digemari para penggemar anime seperti Fairy Tail (2010), Ao no Exorcist (2011), dan Sword Art Online (2012). 

2. Kyoto Animation

Kyoto Animation adalah studio anime terbaik dengan banyak sekali anime populer hasil produksinya. Kyoto Animation didirikan pada 12 Juli 1985 oleh Youko Hatta dan suaminya, yaitu Hideaki Hatta.

Studio anime yang satu ini berhasil meningkatkan reputasinya mulai pertengahan tahun 90-an, setelah bertahun-tahun sebelumnya hanya melakukan finishing untuk hasil produksi studio lain, meski telah membuka departemen animasinya sendiri beberapa tahun setelah resmi berdiri.

Kyoto Animation terkenal dengan beberapa anime garapannya, seperti K-On!!, Clannad, Violet Evergarden, Kobayashi-san, Nichijou, dan lain-lain.

3. Madhouse

Pada 1972, sekelompok animator berkemampuan tinggi meninggalkan Mushi Production—studio Osamu Tezuka—dan mendirikan Madhouse. Sejak saat itu, studio tersebut telah memproduksi hit demi hit. Tim ini merekrut sutradara kelas dunia seperti Satoshi Kon dan bekerja dekat dengan artis manga seperti Naoki Urasawa dan CLAMP untuk mengadaptasi karya mereka menjadi anime yang mendalam. Mereka bertanggung jawab atas segalanya dari Card Captor Sakura sampai Death Note.

4. MAPPA Studio

MAPPA Studio didirikan pada tahun 2011 oleh mantan karyawan Madhouse Masao Maruyama, dan nama tersebut sebenarnya merupakan singkatan dari Maruyama Animation Project Produce Association.

Alasan Maruyama untuk melepaskan diri dan memulai studionya sendiri adalah karena dia ingin melepaskan diri dari jebakan perusahaan yang dia alami di Madhouse, dan sebagai gantinya melakukan proyek di mana dia memiliki lebih banyak kebebasan kreatiMAPPA Studio menemukan kesuksesan instan dengan anime pertamanya Sakamichi no Apollon, dan sejak saat itu secara konsisten menghasilkan hit besar, termasuk Yuri!! On Ice, Banana Fish, Jujutsu Kaisen dan musim terakhir dari serial populer Attack on Titan.

5. Sunrise 

Sunrise adalah salah satu studio anime terbesar di Jepang yang berdiri sejak 1972. Saking besarnya, studio ini memiliki sub-divisi studio sendiri. Paling tidak terdapat 10 sub-divisi studio di bawah Sunrise.

Tidak seperti studio animasi lain yang kebanyakan menghasilkan animasi mainstream yang berfokus pada adaptasi manga, olahraga, ataupun anime bertema kekeluargaan.


5. AURORA 3D ANIMATION MAKER

Buat Teks dan Grafik 3D Kualitas Tertinggi. Rancang Efek Teks, Logo, dan Ikon 3D dengan cepat dan efisien untuk Web dan Film Anda.
Bahkan tidak perlu mahir dalam tata letak atau dasar-dasar Desain 3D! Kompatibilitas penuh dengan Photoshop, Illustrator, iMovie, Final Cut, Premiere dan sebagainya. Dukungan Unicode: karakter Latin, Arab, Cina, Jepang, dan Korea. Untuk: Mac OS dan Windows.

Software Animasi 3D yang Mudah, membuat Judul Film 3D dan Animasi Intro dalam Hitungan Menit. Animasi Bingkai Kunci Fleksibel untuk Logo dan Teks 3D. Ekspor ke Video, GIF atau Urutan Gambar dan impor ke Perangkat Lunak Pengeditan Video. Kompatibilitas Penuh dengan Photoshop, llustrator, iMovie, Final Cut, Premiere dan sebagainya. Dukungan Unicode: Karakter Latin, Arab, Jepang, dan Korea. Untuk Mac dan Windows.
Aurora3DAnimasi tersedia di Mac App Store.

Biarkan imajinasi kreatif Anda dengan mudah membuat Program Interaktif dan Multimedia 3D yang menakjubkan! Bisnis Desain, Presentasi Interaktif Layar Sentuh, Pertunjukan Model 3D, Animasi 3D dan Multimedia.
Ini menggunakan teknik yang kuat & sangat efektif untuk memungkinkan Anda mengembangkan yang mengesankan, profesional, dan mengekspor ke .exe, .app atau Video. Kemudian distribusikan secara Gratis untuk Mac atau Windows

Apakah Anda ingin atau perlu mentransfer informasi dengan cepat dan akurat seperti kebanyakan perusahaan bisnis komersial? Kemudian bergabunglah dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan kode batang dan kode 2D untuk mentransfer informasi melalui jaringan seluler mereka. Barcode Generator memungkinkan Anda dengan mudah menghasilkan lebih dari 32 kode 2d berbeda untuk memenuhi semua kebutuhan pribadi dan bisnis Anda. Untuk Mac dan Windows.


6. ANIMATOR DV

adalah perangkat lunak animasi yang kuat yang membantu pengguna menciptakan film animasi stop motion dengan mudah menggunakan metode antarmuka.

7. STYKZ

Stykz merupakan progam untuk membuat animasi sederhana berbasis pivot yang menghasilkan kombinasi gerakan frame per frame. Progam Stykz menjadi pilihan karena harganya yang gratis, ukuran file yang tidak terlalu besar, dan mudah dioperasikan.

8. PENCIL 2D ANIMATIONPENCIL 2D ANIMATIONPENCIL 2D ANIMATIONPENCIL 2D ANIMATIONPENCIL 2D ANIMATIONPENCIL 2D ANIMATIONPENCIL 2D ANIMATIONPENCIL 2D ANIMATIONPENCIL 2D ANIMATIONPencil2D Animation adalah software ringan yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan menggambar secara digital, di mana pengembangan dari software ini memungkinkan pengguna untuk bisa dengan mudah  menggambar dengan akses PC yang mereka gunakan.Pencil2D Animation adalah software ringan yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan menggambar secara digital, di mana pengembangan dari software ini memungkinkan pengguna untuk bisa dengan mudah  menggambar dengan akses PC yang mereka gunakan.Pencil2D Animation adalah software ringan yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan menggambar secara digital, di mana pengembangan dari software ini memungkinkan pengguna untuk bisa dengan mudah  menggambar dengan akses PC yang mereka gunakan.Pencil2D Animation adalah software ringan yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan menggambar secara digital, di mana pengembangan dari software ini memungkinkan pengguna untuk bisa dengan mudah  menggambar dengan akses PC yang mereka gunakan.Pencil2D Animation adalah software ringan yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan menggambar secara digital, di mana pengembangan dari software ini memungkinkan pengguna untuk bisa dengan mudah  menggambar dengan akses PC yang mereka gunakan.Pencil2D Animation adalah software ringan yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan menggambar secara digital, di mana pengembangan dari software ini memungkinkan pengguna untuk bisa dengan mudah  menggambar dengan akses PC yang mereka gunakan.

8. PENCIL 2D ANIMATION

Pencil2D Animation adalah software ringan yang memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan menggambar secara digital, di mana pengembangan dari software ini memungkinkan pengguna untuk bisa dengan mudah menggambar dengan akses PC yang mereka gunakan.

9. TUPI

Tupitube adalah perangkat lunak animasi 2D open-source dan open-source. Ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih sederhana kepada seniman amatir.

10. DAZ STUDIO

Daz Studio adalah perangkat lunak desain media gratis yang dikembangkan oleh Daz 3D. Daz Studio adalah aplikasi pembuatan dan rendering adegan 3D yang dapat digunakan untuk menghasilkan gambar dan juga video

11. MOHO

Moho Pro merupakan software yang digunakan untuk membuat animasi. Software yang dulunya benama Anime Studio Pro ini sudah banyak yang menggunakannya di dala pembuatan animasi 2D.

12. MAYA

Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin.

13. TERRAGEN

Terragen telah digunakan untuk efek visual di lebih dari 30 film layar lebar serta berbagai produksi TV besar, pengembangan game, lingkungan VR, pameran museum, dokumenter, dan banyak lagi. Beberapa perusahaan efek visual terbesar dan paling dihormati di industri mengandalkan Terragen untuk alur kerja lingkungan mereka, termasuk Digital Domain, Industrial Light & Magic, Weta Digital, dan MPC, dan masih banyak lagi.

14. SEAMLESS3D

Dalam grafika komputer 3D, permodelan 3D adalah proses mengembangkan representasi matematis dari setiap permukaan suatu objek (baik mati atau hidup) ke dalam ruang tiga dimensi melalui perangkat lunak khusus. Produk yang dihasilkan disebut model 3D.

15. OPENTOONZ

OpenTooz adalah perangkat lunak animasi 2D open source yang ramah pemula. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat animasi 2D untuk proyek kecil maupun komersial.

16. TOON BOOM HARMONY

Toon Boom Harmony adalah program perangkat lunak animasi produksi terkemuka dari Toon Boom Animation dan dibuat untuk para profesional animasi.





Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)