SOFTWARE ANIMATION

fikri
1.Blender

Aplikasi pertama yang juga  sudah cukup  terkenal bahkan oleh profesional  adalah  Blender.  Aplikasi  ini  bersifat open source dan bisa digunakan secara gratis. 
Untuk  menguasai  aplikasi  ini  memang  cukup  susah  karena banyaknya tools yang  bisa  digunakan.  Seperti  pencahayaan, pemodelan,  animasi,  operasi  pasca  konversi  video,  dll.  Salah 
satu aplikasi membuat video animasi terbaik saat ini.











2.Pivot Animator
 
Pivot Animator merupakan aplikasi gratis pembuat video yang bisa  kalian  gunakan  selanjutnya.  Aplikasi  ini  bisa  digunakan untuk membuat karakter seperti stickman yang sering kita lihat 
dalam bentuk animasi flash. 










3.Synfig Studio 

Aplikasi  untuk  membuat  video  animasi  berikutnya  yang  bisa kalian  gunakan  adalah  Synfig  Studio.  Sama  seperti  Blender, aplikasi Synfig Studio merupakan aplikasi open source yang bisadiunduh dan digunakan secara gratis melalui situs online. 
Meski gratis, kalian  tetap  bisa menghasilkan video animasi  2D berkualitas tinggi. Di sini kalian bisa menambahkan objek atau elemen  yang  sebagian  besar  didasarkan  pada  vektor  dan 
dikembangkan secara parametrik. 










4.Anime Studio

Sama  dengan  aplikasi  sebelumnya,  Anime  Studio  juga  merupakan aplikasi  pembuat  video  berbasis  vektor.  Pembuatan  animasi  di aplikasi  ini  relatif  cepat  karena  menggunakan vektor  morphing dan bukan  melalui  skema frame‐by‐frame.  Aplikasi  ini  juga  memiliki beberapa  fungsi  3D  dasar  yang bisa  juga  dilihat  sebagai  program 2½D.









5.Aurora 3D Animation Maker 

Di  posisi  berikutnya  ada  aplikasi  membuat  video  animasi bernama  Aurora  3D  Animation  Maker.  Aplikasi  ini  bisa memfasilitasimu  untuk  membuat  animasi  3D  tanpa  batas. Berbagai  bentuk  objek  dan  juga  aneka  efek  bisa  dibuat  di  sini. Kalian  juga  bisa  mengatur  durasi  dan  tingkat pemutaran  pada video animasi yang telah kalian buat. 











6. AnimatorDV 

Jika  kalian  ingin  membuat  sebuah video stop  motion,  maka AnimationDV adalah aplikasi yang tepat untuk digunakan. Fitur‐fitur  di  dalamnya  sangat  mendukung  pembuatan video stop motion yang cukup powerfull. 
Software satu  ini  bisa  kalian  unduh  secara  gratis untuk versi simple‐nya,  sedangkan  untuk  versi  berbayar  harga  yang dipatok sekitar $ 25 – 300. 














7. Stykz 
Aplikasi  satu  ini  hampir  sama  dengan  Pivot  Animator,  yaitu dengan menghadirkan figure manusia  dengan model stickman. Bahkan  fitur‐fitur  dan  juga tools di  dalamnya  juga  tidak  jauh berbeda. 
Kalian  bisa  mengunduh  dan  menginstall  aplikasi  ini  secara gratis tanpa ada biaya tambahan. 











8.Pencil 2D Animation 

Selanjutnya  ada  aplikasi  bernama  Pencil  yang  memanfaatkan sebuah tools berbentuk  pencil  untuk  menghasilkan  animasi grafik vektor dan juga bitmap. 
Kalian  bisa  mengatur  ketebalan  dan  juga  warna 
dari tools pencil tersebut. Hebatnya, aplikasi ini bisa digunakan tanpa  harus  menginstall  alias portable.  Dengan  begitu,  kalian bisa mengedit video animasi di manapun kalian mau. 










9.Tupi

Di  posisi  kesembilan  ada  aplikasi  membuat  video  animasi bernama Tupi. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang bisa kalian  gunakan  untuk  membuat  video  animasi  2D. Beberapa tools seperti pencil, tweening, warna, dll. 
Jika  kalian  memiliki  file  gambar  “SVG”,  kalian  bisa mengimpornya  ke  dalam  animasi.  Setelah animasi  jadi,  kalian juga  bisa  menyimpannya  dalam  bentuk Flash,  MPG,  AVI, bahkan PNG. 










10.DAZ Studio 
Aplikasi satu ini merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin  menghasilkan  karya  animasi  3  dimensi  yang powerfull. Aplikasi  ini  bahkan  sangat  memadai  fiturnya  untuk  digunakan oleh para profesional. 
Beragam  fitur dan juga tools di dalamnya cukup lengkap. Yang mana  mungkin  kalian  akan  memerlukan  waktu  untuk  bisa 
menguasai semua fiturnya











11.Moho 
Sebelum  aplikasi  Anime  Studio  lahir,  nama  awalnya  adalah Moho.  Tahun  2007  pihak  Smith Micro  mengambil  alih  proyek ini dan mengganti namanya menjadi Anime Studio. 
Hingga  akhirnya  tahun  2019  lalu  Smith  Micro  menggunakan nama  Moho  kembali  karena  tidak  ingin  hanya  berfokus  pada pembuatan anime saja.
Aplikasi  ini  menawarkan  pembuatan  animasi  3D  yang  sangat mumpuni, hal itu tergambar dari banyaknya fitur dan juga tools di  dalam  aplikasi  ini.  Beragam template karakter  juga  ada  di 
aplikasi ini.










12.Maya 
Selanjutnya  ada  aplikasi  untuk  membuat  video  animasi bernama  Maya.  Aplikasi  ini  memiliki  fitur  yang  lengkap  serta sudah  digunakan  oleh  kalangan  profesional  untuk  memenuhi kebutuhan  industri  televisi  dan  juga  film  dalam  pembuatan 
animasi  3D.  Selain  itu,  Maya  juga  digunakan  untuk membuat modeling dan juga efek pada film. 










13.Terragen 
Terragen  adalah  aplikasi  pembuat  video  animasi  besutan Planetside  Software  yang  ideal  untuk  membuat  animasi  3D. 
Aplikasi  ini  bisa  kalian  gunakan  di  semua platform Windows yang kalian miliki. Kalian bisa download aplikasi ini tanpa biaya apapun alias gratis. Tidak perlu bingung jika kalian masih belum 
berpengalaman  dalam  membuat  animasi  karena aplikasi  ini cukup mudah digunakan. 





14.Seamless3D 
Aplikasi  ini  awalnya  digunakan  untuk  membuat  pemodelan yang  tersedia  secara  gratis.  Hingga  akhirnya,  aplikasi  ini  bisadigunakan  sebagai editor  mesh dan  animator.  Fitur  utama  di aplikasi  ini  adalah node  build yangmemungkinkan  kita  untuk melakukan  urutan  operasi  kompleks  setiap  titik  kontrol  pada 









15.OpenToonz 
Aplikasi  membuat  video  animasi  terakhir  yang 
direkomendasikan untuk kalian adalah OpenToonz. Aplikasi ini termasuk aplikasi pembuat kartun 2D dengan perpaduan komik DC  dan  anime  Jepang.  Salah  satu  karya  yang  dibuat menggunakan  aplikasi  ini  adalah  anime  Batman Ninja. Software OpenToonz  sendiri  bisa  diunduh  secara  gratis 
karena berlisensi open source











16.Toon Boom Harmony 

Tidak kalah terkenal Toon Boom Harmony, aplikasi untuk membuat  animasi  yang  satu  ini  juga  sering  digunakan oleh  para  animator  profesional.  Bahkan,  Toon  Boom Harmony  mendapat  gelar  sebagai  aplikasi  pembuat animasi 2D terbaik.   
Interface dari  aplikasi  pembuat  animasi  2D  ini  sangat mudah untuk dipahami, sehingga tergolong ramah untuk pemula  sekalipun.  Meskipun  begitu,  hasil  animasi  2D yang  dihasilkan  bisa  jadi  “wow”  banget  kalau  berada  di tangan para profesional. 
Studio terkenal yang menggunakan Toon Boom Harmony antara  lain  Cartoon  Network,  Universal  Studio, Dreamworks,  Nelvana,  Toei  Animation  Tezuka Production, dan masih banyak lagi yang lainnya. 


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)