software animation

Sudirman

 1.BLENDER

 


Blender merupakan sebuah perangkat lunak grafika 3D yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif, dan permainan video. Umumnya Blender dikenal luas oleh masyarakat sebagai paket pembuatan 3D gratis dengan sumber terbuka. Blender sangat cocok untuk individu atau studio kecil yang ingin mendapatkan keuntungan dari pipeline terpadu dan proses pengembangan yang responsif.

Software ini juga dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, misalnya Windows, macOS, dan Linux. Memang pada kenyataannya banyak software animasi 3D yang dapat digunakan, meski demikian Blender tetap menjadi software animasi 3D terbaik. Hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri, mengingat Blender menyediakan beragam fitur yang menarik bagi penggunanya




2. PIVOT ANIMATOR

Pivot Animator adalah perangkat lunak sederhana untuk membuat animasi berdasarkan stickfigures (orang yg bentuknya garis-garis yg punya kepala bulet doang...) , Software ini memberikan kemungkinan untuk membuat animasi dengan menggerakkan sendi dan node dari figures. ada juga fitur "figure editor" yg memberikan kemungkinan untuk membuat setiap jenis bentuk karakter yang Anda inginkan.

3. SYNFIG STUDIO

Synfig adalah aplikasi animasi kelas profesional dengan semua fitur yang wajib dimiliki, dan banyak tambahan sebagai bonus. Jika Anda menginginkan animasi yang cepat dan efisien, Synfig Studio adalah pilihan yang tepat. Ini memiliki kurva pembelajaran jika dibandingkan dengan animasi sel, tetapi penghapusan tweening pada akhirnya menghasilkan hasil.

4. ANIME STUDIO

Studio pertama yang masuk ke dalam daftar ini adalah A-1 Pictures. Studio ini berdiri pada tahun 2005 di Jepang. Pada awal berdiri, anime yang diproduksi A-1 Pictures lebih berfokus pada anime yang sederhana dan bertemakan keluarga. Namun seiring waktu, genre film mereka pun semakin luas. Mereka tak lagi ragu untuk menyentuh genre fantasy dan action yang terkenal sulit. 

Walaupun masih tergolong baru karena belum berjalan lebih dari dua dekade, sudah banyak anime berkualitas yang dihasilkan studio yang satu ini. Anime-anime mereka pun banyak digemari para penggemar anime seperti Fairy Tail (2010), Ao no Exorcist (2011), dan Sword Art Online (2012). 

5. AURORA 3D ANIMATION MAKER

Software Animasi 3D yang Mudah, membuat Judul Film 3D dan Animasi Intro dalam Hitungan Menit. Animasi Bingkai Kunci Fleksibel untuk Logo dan Teks 3D. Ekspor ke Video, GIF atau Urutan Gambar dan impor ke Perangkat Lunak Pengeditan Video. Kompatibilitas Penuh dengan Photoshop, llustrator, iMovie, Final Cut, Premiere dan sebagainya. Dukungan Unicode: Karakter Latin, Arab, Jepang, dan Korea. Untuk Mac dan Windows.

6. ANIMATORDV

Animatordv adalah perangkat lunak animasi yang kuat yang membantu pengguna menciptakan film animasi stop motion dengan mudah menggunakan metode antarmuka.

7. STYKZ

Stykz merupakan program untuk membuat animasi sederhana berbasis pivot yang menghasilkan kombinasi gerakan frame per frame. Program Stykz menjadi pilihan karena harganya yang gratis, ukuran file yang tidak terlalu besar, dan mudah dioperasikan.

8. PENCIL 2D ANIMATION

Pencil2D adalah lintas platform dan berjalan di Windows, macOS, Gnu / Linux, dan FreeBSD. Program ini akan memungkinkan kita untuk menggunakan roda warna tersedia. Dengan itu, menemukan warna untuk animasi kita tidak akan menjadi masalah.

9. TUPI

TupiTube adalah perangkat lunak animasi 2D sumber terbuka dan gratis untuk seniman amatir, anak-anak, dan remaja. Ini tersedia untuk Windows, Mac OS X, sistem operasi mirip Unix, dan Android. Proyek ini dikembangkan dan dikelola oleh startup Kolombia, MaeFloresta.

10. DAZ STUDIO

Daz Studio merupakan salah satu software animasi 3D yang gratis sehingga sangat cocok untuk dicoba bagi para pemula.

Meskipun gratis, tapi fitur yang disediakan di software ini tidak kalah canggihnya dengan software populer lainnya lho.

Salah satu fitur unggulan dari Daz Studio yaitu fungsi rendering-nya yang disukai oleh para animator.

11. MOHO

Moho adalah aplikasi animasi 2D berbasis vektor yang didistribusikan oleh Lost Marble LLC. Ini memiliki dua paket berbeda: Moho Pro dan Moho Debut, mirip dengan versi pro tetapi dengan fitur yang dibatasi. 

12. MAYA

Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin. Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.

13. TERRAGEN 

Terragen telah digunakan untuk efek visual di lebih dari 30 film layar lebar serta berbagai produksi TV besar, pengembangan game, lingkungan VR, pameran museum, dokumenter, dan banyak lagi. Beberapa perusahaan efek visual terbesar dan paling dihormati di industri mengandalkan Terragen untuk alur kerja lingkungan mereka, termasuk Digital Domain, Industrial Light & Magic, Weta Digital, dan MPC, dan masih banyak lagi. Mesin perpindahan dan atmosfer Terragen yang kuat telah mendapatkan reputasi untuk lingkungan yang akurat dan realistis dengan foto yang menampilkan medan terperinci, langit volumetrik berbasis fisik, dan populasi geometri instan yang sangat besar. Kami terus meningkatkan kekuatan inti ini untuk Terragen 4, menghasilkan opsi kreatif baru dan kemampuan render, peningkatan kinerja, dan peningkatan alur kerja.

14. SEAMLESS 3D

Seamless3d adalah perangkat lunak pemodelan 3D sumber terbuka yang tersedia di bawah lisensi MIT. Model untuk dunia virtual reality Techuelife Island dibuat menggunakan teknologi Seamless3d.

15. OPENTOONZ

Perangkat lunak untuk produksi animasi 2D.
Berdasarkan perangkat lunak "Toonz", yang dikembangkan oleh Digital Video SpA di Italia, OpenToonz telah dikustomisasi oleh Studio Ghibli, dan digunakan untuk pembuatan karya-karyanya selama bertahun-tahun. Dwango telah meluncurkan proyek OpenToonz bekerja sama dengan Digital Video dan Studio Ghibli.

OpenToonz dapat digunakan secara gratis untuk proyek komersial dan non-komersial.
Tersedia sebagai sumber terbuka sehingga siapa pun dapat memodifikasi kode sumbernya dengan bebas.
Kami bertujuan untuk mengembangkan platform baru untuk menghubungkan penelitian akademis dengan produksi animasi mutakhir.

16. TOON BOOM HARMONY

Toon Boom Harmony adalah program perangkat lunak animasi produksi terkemuka dari Toon Boom Animation dan dibuat untuk para profesional animasi. Toon Boom Harmony memungkinkan seniman dan studio membuat animasi 2D dengan alat yang fleksibel, fungsional, dan sensitif. Ini fitur animasi tanpa kertas tanpa batas dan mesin sikat canggih. Dan alat manajemen warna canggih membantu membuat animasi lebih akurat dan realistis. Harmoni Toon Boom 20 berisi tiga versi yang memiliki keunggulan dan harga berbeda
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)