Perkembangan teknologi animasi

MuhammadRandyFauzi

 Perkembangan dunia animasi 3D komputer yang pesat dewasa ini memerlukan waktu puluhan tahun dalam proses penciptaaannya. Animasi 3D secara harfiah berarti membawa hidup atau bergerak. Secara umum, menganimasi suatu objek memiliki makna menggerakkan objek tersebut agar menjadi hidup.




          Makin maju masa, teknologi semakin hebat. Kita dapat melakukan banyak hal dari teknologi ini. Animasi adalah salah satu ciptaan dari berkembangnya teknologi. Hal ini membuat Dunia Animasi makin disukai, terlebih untuk animasi 3D. Oleh karena-nya, butuh pengertian tentang histori dunia animasi dan pertumbuhannya.


Ini sejarah Dunia Animasi dan Perkembangannya…


          Ternyata Dunia Animasi sudah dikenal mulai ribuan tahun lalu. Pada zaman dahulu manusia menjadikan animasi dengan gerak gambar hewan. Perihal ini dibuktikan dengan dijumpainya gambar di gua Lascaux di Spanyol Utara. Ada gambar bison, kuda berkaki delapan, dan celeng di dinding gua tersebut yang diciptakan oleh manusia purba. Sedangkan buat orang mesir kuno, mereka membuat animasi dengan sequence gambar para pegulat dalam gumul buat pajangan dinding. Gambar-gambar ini diperkirakan ada di tahun 2000 sebelum masehi.


          Makin berkembangnya dunia televisi pembuat animasi juga merasakan kemajuan. Awalnya, animasi dibuat dalam bentuk 2D. Sebagian hasil karya animasi 2D yang merasakan keberhasilan diantaranya adalah Fantasia (1940) dan Seven Dwarfs (1937) yang merupakan keluaran Walt Disney. Pembuatan dalam dunia animasi ini diawali dengan pembuatan cetak biru gambar yang kemudian digerakkan satu demi satu. 


          Pada langkah sebelumnya, kertas lukis disketsa menjadi frame di komputer. Sehingga bisa merubah kumpulan gambar-gambar menjadi berkas frame-frame yang telah tersusun dalam alur waktu di dalam komputer. Keyframe dapat diciptakan dengan merubah gerakan sebuah objek yang diberi efek animasi oleh komputer.


          Seiring berjalannya waktu, animasi 2D mulai ditinggalkan dan berkembang jadi animasi 3D. Model animasi 3D memiliki panjang, lebar, dan tinggi sehingga hampir serupa dengan objek nyatanya. Pada kemajuannya juga tersedia software pendukung buat animasi 2D seperti GIF animation, Corel Rave dan Macromedia flash. Sedangkan buat animasi 3D terdapat Alias Wave Front AMA, Cinema 4D, dan MAX Studio. Adanya software ini membuat para animator lebih mudah dalam pengerjaan animasi 3D bahkan tak cuma pembuatan obyek saja, namun bisa jua karakterisasi, lighting, proses pewarnaan, obyek morfing. Modifikasi tekstur, dan pemberian effect supaya menyerupai onjek aslinya.

Visual luar biasa dari film ini tidak terlepas dari kerja keras dibalik proses produksinya. Dibutuhkan waktu dua tahun untuk menghasilkan animasi berdurasi sepuluh detik yang sesuai dengan visi producer mengenai gaya visual yang ingin dicapai. Film ini juga melibatkan begitu banyak animator dari belahan negara bahkan sempat merekrut sebanyak 177 animator.

  Perkembangan film animasi dari masa ke masa bukanlah proses yang instant. Dimulai dari awal tahun 1900an ada banyak perkembangan dan perubahan yang membuat film animasi bisa seperti sekarang.

di depan locked cameramirip Clay Animation. Lahirnya Televisi swasta di Indonesia pada tahun 89, mendorong lahirnya perusahaan-perusahaan animasi. Baik itu untuk kepentingan pembuatan film, iklan, bumper acara, tata grafis dan kemungkinannya memproduksi serial TV dalam bentuk animasi. Sungguh mencengangkan, mulai nampak potensi putra-putri Indonesia dalam kinerja animasi. Memang yang paling mencuat pada awalnya adalah karya film yang digarap dengan menggunakan kecanggihan komputer. Mengingat kepraktisannya dan tidak terlalu memerlukan sejumlah besar tenaga manusia. Animasi Indonesia mulai bergerak membuat Film tentang dongeng rakyat dalam negeri dimulai oleh studio animasi Bening Kampoeng pada sekitar 90-an di Jakarta yang kemudian hijrah ke kota Yogyakarta, Anggotanya tediri atas beberapa orang yang beberapa kali terlibat dalam pembuatan Anime Jepang Zenki, Doraemon, diantaranya adalah Haryanto. Sampai saat ini Bening telah menelorkan 13 Karya yang beredar dalam bentuk VCD. Kemudian disusul pula oleh Red Rocket Animation yang ada di Bandung. Film Animasi mereka yang bekerja sama dengan pihak Dancow pernah diputar oleh salah satu stasiun TV swasta kita. Bersamaan dengan munculnya kedua studio ini, dan maraknya tekhnologi komputer grafik 3 dimensi, bermunculan pula studio-studio animasi independen yang mempunyai suatu wadah berupa Animator Forum.


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)