Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Singkat Animasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all.
Penulis : Ashya Ravika Mahar Rhani
Editor : Arum Sutrisni Putri
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Singkat Animasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all.
Penulis : Ashya Ravika Mahar Rhani
Editor : Arum Sutrisni Putri
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/ap
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI ANIMASI
SEJARAH ANIMASI:
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gP
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPe
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Kelahiran animasi sudah dimulai sejak jaman batu yaitu lebih dari 15000 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya lukisan dan cerita bergambar pada dinding gua jaman paleolitikum. Berabad-abad kemudian perkembangan cerita bergambar sampai pada bangsa Mesir kuno yaitu pada tahun 2000 SM yang sering sekali menggambar subjek yang diceritakan dalam bentuk pergerakan. Salah satu gambar yang ditemukan adalah beberapa gambar posisi gulat pada jaman Mesir. Kebiasaan menggambar ini juga diikuti oleh bangsa Yunani dan Romawi. Perkembangan cerita bergambar pada jaman kuno inilah yang merupakan cikal bakal teknik animasi jaman sekarang. Pada tahun 1914, Winsor McCay membuat animasi bernama Gertie the Dinosaur. Pada tahun berikutnya Otto Mesmer membuat animasi bisu dengan plot cerita terkenal yaitu Felix the Cat. Pelopor dunia animasi adalah Walt Disney dan Roy Disney. Pada tahun 1923 mereka membuat animasi fantasi disertai iringan musik dengan tokoh kartun seekor tikus bernama Mortimer, sebuah tokoh cikal bakal Mickey Mouse. Setelah sukses dalam menghidupkan Mickey Mouse mereka membuat animasi "White snow and seven dwarfs" dan berbagai animasi lainnya yang sukses sampai sekarang dinaungi oleh Pixar Animation. Animasi mampu menyampaikan suatu konsep yang kompleks menjadi menarik secara visual dan juga dinamik sehingga animasi terus berkembang hingga saat ini. Untuk menjadi sebuah animasi yang menarik secara visual maka muncul teori yang dinamakan Prinsip – prinsip Animasi. Prinsip – prinsip Animasi di gunakan para animator sebagai pakem atau pedoman utama Gambar bergerak menjadi lebih hidup. Secara sederhana prinsip kerja animasi adalah dengan menumpuk beberapa gambar secara bergantian dan berurutan Contoh: Prinsip kerja animasi dengan menumpuk beberapa gambar secara berurutan dalam tempo yang cepat. Gambar akan ditampilkan mulai dari urutan pertama sampai terakhir sehingga seolah olah gambar yang ada misalnya gambar bola bergerak dari bawah keatas. Kecepatan gerak bola tergantung pada delay antar gambar. Semakin kecil delay maka akan semakin cepat pula gerakan bola itu. Langkah ini juga merupakan cara pembuatan kartunkartun klasik.
Melansir dari 99 designs, animasi pertama kali ditemukan bersamaan dengan penemuan strip film. Namun, optik di balik terciptanya animasi telah dikenal sejak awal 1800-an, ditemukannya phénakisticope (1833) karya Simon von Stampfer. Mengutip Studio Binder, salah satu animasi pertama dalam film sebenarnya dilukis dengan tangan. Hal itu dilakukan oleh seniman dan penemu Prancis, Charles-Émile Reynaud pada Praxinoscope (mesin yang mengatur pergerakan gambar). Menurut Encyclopaedia Britannica, Émile Reynaud mengadaptasi prinsip phénakisticope ke dalam bentuk yang dapat diproyeksikan ke hadapan penonton teater pada 1876.
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Baca selengkapnya di artikel "Sejarah Perkembangan Animasi Dunia dari Masa ke Masa", https://tirto.id/gPeF
Di tahun 2018, para penggemar film dikejutkan dengan film Spider-Man terbaru yang kali ini keluar sebagai film animasi. Film yang dimaksud adalah Spider-Man: Into The Spider-Verse yang disutradarai oleh Bob Persichetti, Peter Ramsey dan Rodney Rothman.
Spider-Man: Into The Spider-Verse berhasil memberikan pengalaman baru bagi penonton dengan visual dan tekhnik animasi yang mengagumkan. Dalam mengikuti perjalanan karakter Miles Morales, penonton seakan ikut diajak masuk ke dunia komik dan memberikan pengalaman yang bahkan tidak dapat dicapai oleh film live-action.
Visual luar biasa dari film ini tidak terlepas dari kerja keras dibalik proses produksinya. Dibutuhkan waktu dua tahun untuk menghasilkan animasi berdurasi sepuluh detik yang sesuai dengan visi producer mengenai gaya visual yang ingin dicapai. Film ini juga melibatkan begitu banyak animator dari belahan negara bahkan sempat merekrut sebanyak 177 animator.
Perkembangan film animasi dari masa ke masa bukanlah proses yang instant. Dimulai dari awal tahun 1900an ada banyak perkembangan dan perubahan yang membuat film animasi bisa seperti sekarang.
The Silent Era (1900 – 1930)
Sebelum mencapai abad ke-20 sebetulnya manusia telah memiliki prinsip-prinsip animasi meskipun belum dapat menyempurnakannya. Dari alat-alat seperti Thaumatrope, Phenakitoscope, Zoetrope dan Praxinoscope manusia telah bermain dengan ilusi gambar yang bergerak. Baru di awal abad ke-20 para artist berusaha berlomba-lomba menyempurnakan tekhnik animasi.
Humorous Phase of Funny Face (1906) dan Fantasmagoire (1908) adalah dua animasi pertama yang diciptakan. Humorous Phase of Funny Face dianimasikan menggunakan tekhnik stopmotion, sedangkan, Fantasmagoire dianimasikan menggunakan tekhnik menggambar tradisional. Keduanya masih sama-sama belum memiliki sebuah narasi dan masih terlihat sebagai sebuah eksperimen para artist dalam menggerakan gambar.
Di tahun 1914, Winsor Mcay mengeluarkan film animasi berjudul Gertie the Dinosaur. Gertie the Dinosaur adalah film animasi pertama yang menggunakan tekhnik keyframe. Pergerakan animasi di film ini sangat menganggumkan bahkan menjadi inspirasi untuk generasi animator berikutnya.
Di tahun 1919, Felix the Cat yang dibuat oleh dua animator, Pat Sullivan dan Otto Messmer menjadi film animasi pertama yang berhasil menarik perhatian penonton secara luas. Film animasi ini hanya berdurasi sekitar 5 menit dan baru diiringi oleh musik.
Kesuksesan dari Felix The Cat mulai menurun ketika film animasi mulai menggunakan suara dan tidak hanya tergantung dengan iringan musik. Steamboat Willie adalah film animasi bersuara pertama yang keluar pada tahun 1928.
Film animasi ini diproduksi oleh rumah produksi animasi Walt Disney yang ditemukan di tahun 1923. Film ini juga menjadi film pertama dimana bintang utama Disney, Mickey Mouse muncul ke layar kaca. Meskipun belum menggunakan dialog, Steamboat Willie menggunakan banyak efek suara untuk mendukung narasi cerita yang disampaikan.
Salah satu tokoh yang berpengaruh di era ini adalah Walt Disney. Ia menjadi pelopor perkembangan film animasi melalui rumah produksinya Walt Disney. Dari film-film animasi yang ia buat Walt Disney berhasil meraih 7 penghargaan Emmy Award dan 22 penghargaan Oscar.
ANIMASI DIBUAT DENGAN APA?
Berikut adalah lima software animasi yang harus dikuasai oleh animator.
1. OpenToonz
Software open source ini memiliki banyak fitur yang memudahkan para animator untuk melakukan pekerjaannya. Beberapa di antaranya adalah menciptakan distorsi bergelombang, membuat dramatisir cahaya, memindai empat gambar yang tidak sama, serta mengubah gaya pada gambar yang ada.
Tidak perlu khawatir dengan biaya berlangganannya. OpenToonz merupakan software animasi 2D yang gratis, bisa dinikmati semua animator tanpa harus membayar.
Entah itu untuk keperluan pribadi maupun komersial. OpenToonz telah dipakai beberapa studio animasi besar. Contohnya Studio Ponoc dalam menghasilkan Mary and The Witch’s Flower dan Kamikaze Douga yang menciptakan Batman Ninja.
2. Pencil 2D
Sama seperti namanya, software yang satu ini memiliki keunggulan pada fitur membuat gambar atau animasi dengan goresan pensil virtual.
Kamu bisa membuat animasi dengan proses frame-to-frame, sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih bagus, karena dikerjakan dengan cara manual.
Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat atau menggunakan tipe gambar vector maupun bitmap.
Pencil 2D memiliki interface yang lebih sederhana dibanding software animasi lainnya, sehingga kamu bisa menggunakannya dengan mudah.
Pencil 2D juga merupakan software yang compatible dengan semua sistem operasi, seperti Windows, Mac, dan Linux.
Tidak perlu khawatir dengan sistem berlangganannya, karena 2D bisa digunakan secara cuma-cuma oleh siapa pun.
3. KeyShot
Berbeda dengan dua aplikasi di atas, KeyShot adalah software yang bisa digunakan untuk animasi 3D. Cepat dan mudah adalah keunggulan utama dalam memproses pekerjaan, termasuk rendering.
Real time rendering membuat kamu dengan cepat menyimpan hasil karya pekerjaan dan menghasilkan karya yang realistis.
Beberapa fitur yang menjadi keunggulan software animasi yang satu ini adalah Focus Caustics, yang mana memudahkan animator untuk memastikan fokus pada sebuah obyek.
Ada juga Flexible Access dan Camera Control yang siap menjadi fitur andalan saat mengerjakan proyek animasi. Lanskap animasi akan menjadi semakin nyata dengan adanya fitur kontrol kamera.
4. Blender
Software yang satu ini adalah yang paling sering digunakan oleh para animator dunia. Dengan demikian, kamu tidak perlu ragu dengan kemudahan dan keunggulan dari software animasi ini.
Blender adalah software open source yang mendukung animasi 3D, dengan hasil akhir yang mendekati nyata.
Blender dilengkapi dengan banyak fitur unggulan yang memudahkan tiap penggunanya, seperti sclpting, modeeling, retopology, dan curve.
Tidak hanya itu, ada alat simulasi dengan tampilan yang maksimal, dan User Interface yang membuat pengguna mudah untuk mencari tools yang ada.
Tidak perlu khawatir dengan format obyek yang jarang digunakan, karena Blender sudah mendukung banyak format.
Selain fitur-fitur unggulan di atas, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakannya. Ini karena Blender bisa dipakai dengan gratis oleh siapa pun.
Blender juga compatible dengan banyak sistem operasi komputer, mulai dari Windows, Mac, dan Linux.
5. Toon Boom
Aplikasi terakhir yang dapat kamu pertimbangkan untuk digunakan dalam membuat animasi adalah Toon Boom. Aplikasi yang satu ini sudah bukan menjadi hal asing bagi banyak animator terkemuka.
Bukan tanpa alasan, Toon Boom mudah untuk digunakan dan memiliki segudang fitur unggulan. Dengan demikian, animator pemula pun bisa menggunakannya untuk membuat sebuah karya animasi.
Berikut adalah lima software animasi yang harus dikuasai oleh animator.
1. OpenToonz
Software open source ini memiliki banyak fitur yang memudahkan para animator untuk melakukan pekerjaannya. Beberapa di antaranya adalah menciptakan distorsi bergelombang, membuat dramatisir cahaya, memindai empat gambar yang tidak sama, serta mengubah gaya pada gambar yang ada.
Tidak perlu khawatir dengan biaya berlangganannya. OpenToonz merupakan software animasi 2D yang gratis, bisa dinikmati semua animator tanpa harus membayar.
Entah itu untuk keperluan pribadi maupun komersial. OpenToonz telah dipakai beberapa studio animasi besar. Contohnya Studio Ponoc dalam menghasilkan Mary and The Witch’s Flower dan Kamikaze Douga yang menciptakan Batman Ninja.
Baca Juga: Bagaimana Sih Cara Membuat Logo? Yuk, Ikuti Tips Ini
2. Pencil 2D
Sama seperti namanya, software yang satu ini memiliki keunggulan pada fitur membuat gambar atau animasi dengan goresan pensil virtual.
Kamu bisa membuat animasi dengan proses frame-to-frame, sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih bagus, karena dikerjakan dengan cara manual.
Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat atau menggunakan tipe gambar vector maupun bitmap.
Pencil 2D memiliki interface yang lebih sederhana dibanding software animasi lainnya, sehingga kamu bisa menggunakannya dengan mudah.
Pencil 2D juga merupakan software yang compatible dengan semua sistem operasi, seperti Windows, Mac, dan Linux.
Tidak perlu khawatir dengan sistem berlangganannya, karena 2D bisa digunakan secara cuma-cuma oleh siapa pun.
3. KeyShot
Berbeda dengan dua aplikasi di atas, KeyShot adalah software yang bisa digunakan untuk animasi 3D. Cepat dan mudah adalah keunggulan utama dalam memproses pekerjaan, termasuk rendering.
Real time rendering membuat kamu dengan cepat menyimpan hasil karya pekerjaan dan menghasilkan karya yang realistis.
Beberapa fitur yang menjadi keunggulan software animasi yang satu ini adalah Focus Caustics, yang mana memudahkan animator untuk memastikan fokus pada sebuah obyek.
Ada juga Flexible Access dan Camera Control yang siap menjadi fitur andalan saat mengerjakan proyek animasi. Lanskap animasi akan menjadi semakin nyata dengan adanya fitur kontrol kamera.
4. Blender
Software yang satu ini adalah yang paling sering digunakan oleh para animator dunia. Dengan demikian, kamu tidak perlu ragu dengan kemudahan dan keunggulan dari software animasi ini.
Blender adalah software open source yang mendukung animasi 3D, dengan hasil akhir yang mendekati nyata.
Blender dilengkapi dengan banyak fitur unggulan yang memudahkan tiap penggunanya, seperti sclpting, modeeling, retopology, dan curve.
Tidak hanya itu, ada alat simulasi dengan tampilan yang maksimal, dan User Interface yang membuat pengguna mudah untuk mencari tools yang ada.
Tidak perlu khawatir dengan format obyek yang jarang digunakan, karena Blender sudah mendukung banyak format.
Selain fitur-fitur unggulan di atas, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakannya. Ini karena Blender bisa dipakai dengan gratis oleh siapa pun.
Blender juga compatible dengan banyak sistem operasi komputer, mulai dari Windows, Mac, dan Linux.
5. Toon Boom
Aplikasi terakhir yang dapat kamu pertimbangkan untuk digunakan dalam membuat animasi adalah Toon Boom. Aplikasi yang satu ini sudah bukan menjadi hal asing bagi banyak animator terkemuka.
Bukan tanpa alasan, Toon Boom mudah untuk digunakan dan memiliki segudang fitur unggulan. Dengan demikian, animator pemula pun bisa menggunakannya untuk membuat sebuah karya animasi.
- Powtoon. Di deretan pertama aplikasi pembuat video animasi yang direkomendasikan untuk yang masih pemula di dunia animasi adalah aplikasi bernama Powtoon. ...
- Wideo. ...
- GoAnimate. ...
- FlipaClip. ...
- Animation Desk. ...
- Blender. ...
- Animaker
- Cara Membuat Animasi dengan Membuat Naskah Awal. Langkah pertama dalam membuat animation video harus diawali dengan menyusun naskah. ...
- Membuat Storyboard. ...
- Menentukan Jenis Video Animasi. ...
- Membuat Video sesuai Storyboard. ...
- Menambahkan Musik dan Voiceover.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Singkat Animasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all.
Penulis : Ashya Ravika Mahar Rhani
Editor : Arum Sutrisni Putri
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Singkat Animasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all.
Penulis : Ashya Ravika Mahar Rhani
Editor : Arum Sutrisni Putri
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Singkat Animasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all.
Penulis : Ashya Ravika Mahar Rhani
Editor : Arum Sutrisni Putri
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6g
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Singkat Animasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all.
Penulis : Ashya Ravika Mahar Rhani
Editor : Arum Sutrisni Putri
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Singkat Animasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all.
Penulis : Ashya Ravika Mahar Rhani
Editor : Arum Sutrisni Putri
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Singkat Animasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all.
Penulis : Ashya Ravika Mahar Rhani
Editor : Arum Sutrisni Putri
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Singkat Animasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/090000069/sejarah-singkat-animasi?page=all.
Penulis : Ashya Ravika Mahar Rhani
Editor : Arum Sutrisni Putri
Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6