12 prinsip animasi

Faiza ulma fira

 1. Squash and Stretch

Prinsip squash and stretch merupakan upaya menambahkan efek plastis
pada objek. Prinsip ini disebut
juga prinsip elastisitas.

2. Anticipation


Pada prinsipnya, gerakan terbagi dalam tiga bagian, yaitu gerakan awalt Aau persiapan (antisipasi), gerakan itu sendiri, dan gerakan akhir. Gerakann Atisipasi biasa disebut gerakan ancang-ancang. Gerakan ini akan terlihat saat seseorang melompat.

3 staging


Staging adalah prinsip animasi dengan cara menempatkana Krakter pada kamera secara tepat untuk membantu menciptakan suasana yang diharapkan. Bahkan, staging dapat menggambarkan adegan yang sedang dan yang akan terjadi sehingga penonton/pemirsa dapat memahami dan mengikuti jalan cerita pada film yang disajikan.

4.Straight Ahead Action and Pose to Pose metode.


yang dilakukan industri animasi adalah straight ahead action dan pose to pose sehingga dapat menghidupkan adegan melalui gerakan.Berikut perincian kedua metode tersebut.

a. Straight ahead action adalah metode untuk membuat gerakan dengan menggambar satu per satu atau frame by frame secara berurutan dari

awal sampai selesai seorang diri.

   b. Pose to pose adalah metode pembuatan gerak yang dilakukan oleh duar Orang.


5.Follow Through and Overlapping Action


Prinsip follow through merupakan bagian tubuh tertentu yang masih bergerak
ketika karakter telah berhenti bergerak.

6.Slow In And Slow Out


Prinsip slow in dan slow out ini menunjukkan bahwa objek membutuhkan
peningkatan dan penurunan kecepatan yang berbeda-beda saat bergerak.

7. Arch

Terdapat perbedaan mendasar antara sistem gerak
tubuh manusia, binatang, dan makhluk hidup lain yang
tidak dimiliki oleh sistem gerak mekanik dan robotik.

8.Secondary Action

Salah satu indikasi sebuah gerakan buatan tampak realistis adalah adanya
secondary action.
Secondary action merupakan gerakan-gerakan tambahan yang tujuannya
memperkuat gerakan utama, bukan untuk menjadi pusat perhatian yang
dapat mengalihkan perhatian gerakan utama.
9.Timing and Spacing


Prinsip timing adalah tahapan menentukan waktu kapan sebuah
gerakan mulai dilakukan.
 Pada akting karakter, waktu berpengaruh dalam membangun situasi
cerita, suasana hati, emosi, dan reaksi terhadap karakter lain.Prinsip spacing adalah pengaturan kepadatan gambar yang akan
memengaruhi percepatan dan perlambatan gerak benda.

10. Appeal

Pada pembuatan animasi, prinsip
appeal memiliki dua tujuan. Pertama,
sebagai gaya visual pada keseluruhan
isi film. Artinya, film memiliki style
yang khas untuk membedakan dengan
Film lainnya sesuai dengan tema dan
genrenya. Kedua, sebagai pembeda
karakteristik penokohan. Setiap
karakter dalam animasi dikembangkan agar memiliki daya tarik yang
unik dan memiliki perbedaan dengan karakter lain berdasarkan sifat
yang dibawakannya.

      (Gambar)

11.Exaggeration


Prinsip exaggeration adalah langkah
untuk mendramatisasi sebuah animasi
dalam bentuk gambar yang hiperbolis
untuk mempertegas tindakan yang sedang
dilakukan.

12.Solid Drawing


Solid drawing merupakan prinsip yang menitikberatkan pada kemampuan
animator dalam menggambar.
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)