Software animation

Neri



 1. PENCIL 2D ANIMATION





Ini satu alat untuk membuat animasi 2D dengan cara tradisional. Program ini memulai desain dan pengembangannya pada Mac OS 10.4 menggunakan Qt. Karena pustaka Qt bersifat lintas platform, versi untuk Gnu / Linux dan Windows kemudian diproduksi. Pencil2D berada di bawah lisensi open source GPL.


Dengan program ini, para pengguna, para pengguna, akan mampu membuat kartun menggunakan teknik tradisional (gambar garis, kulit bawang, dll…), bitmap dan grafik vektor. Kami juga akan memiliki kemungkinan untuk dengan mudah beralih di antara alur kerja raster dan grafik vektor dalam pembuat animasi 2D ini. Setelah animasi selesai, itu akan memungkinkan kita untuk mengekspor animasi kita dalam file video atau GIF, selain itu kita juga dapat mengimpor suara di software ini.


Karakteristik umum Pencil2D



 

Program tersebut menawarkan desain minimalis. Hasil Ringan dan mudah digunakan sehingga pengguna dapat berkonsentrasi pada animasi.

Program ini adalah sepenuhnya open source dan gratis untuk digunakan. Kode sumbernya dapat ditemukan di GitHub.

Kami akan dapat beralih di antara keduanya dengan mulus aliran raster dan vektor, memungkinkan Anda menggambar dan melukis saat dalam perjalanan.

Pencil2D adalah lintas platform dan berjalan di Windows, macOS, Gnu / Linux, dan FreeBSD.

Program ini akan memungkinkan kita untuk menggunakan roda warna tersedia. Dengan itu, menemukan warna untuk animasi kita tidak akan menjadi masalah.



Jika Anda tidak suka memberi label warna Anda, dalam program ini Anda bisa lihat palet warna kami sebagai kotak warna. Selain itu, sekarang juga memungkinkan kami untuk mengubah ukuran sampel.

Programnya Ini akan memungkinkan kita menggunakan kulit bawang berwarna untuk membuat animasi lebih mudah. Kami akan dapat menunjukkan kulit bawang dari 'bingkai sebelumnya'berwarna merah dan kulit bawang'frame berikutnya'dengan warna biru untuk melihatnya dengan jelas.

Kami akan mampu ekspor animasi yang dihasilkan ke mp4, avi atau gif animasi. Kami akan menemukan opsi ini di Menu → File → Ekspor.

Kami akan menemukan program ini tersedia dalam berbagai bahasa. Sampai hari ini mereka dapat ditemukan sekitar 23 bahasa tersedia di Pencil2D. Ini termasuk; Spanyol, Inggris, Ceko, Denmark, Jerman, Prancis, Hongaria, Italia, Jepang, Portugis, Rusia, dan Cina Tradisional.

2.Blender


Aplikasi pertama yang juga  sudah cukup  terkenal bahkan oleh  profesional  adalah  Blender.  Aplikasi  ini  bersifat open  source dan bisa digunakan secara gratis.  Untuk  menguasai  aplikasi  ini  memang  cukup  susah  karena  banyaknya tools yang  bisa  digunakan.  Seperti  pencahayaan,  pemodelan,  animasi,  operasi  pasca  konversi  video,  dll.  Salah  satu aplikasi membuat video animasi terbaik saat ini





Animasi & Rigging

Berkat peralatan rigging dan animasi berkualitas tinggi, Blender sekarang digunakan untuk banyak film pendek, iklan, serial TV, dan film layar lebar.


· Amplop, kerangka dan menguliti otomatis

· Tulang interpolasi B-spline

· Editor kurva dan lembar obat bius

· Bentuk tulang khusus untuk input cepat

· Sinkronisasi suara


Fitur: 

  Header – Berisi tools seperti File, Add, Render,  dan Help.

   View Port – Sebuah tampilan yang terbentuk dari objek 3D yang berada di atas objek lain. 

  Toolbar – Daftar tools bersifat  dinamis  sesuai  dengan  objeknya.

   Outliner – Struktur data dari objek. 

  Properties – Panel  yang  memuat  perintah  pada  objek  dan  animasi  yang  bersifat  dinamis  mengikuti  bentuk  objek dan juga tools yang aktif. 

  Timeline – Baris  instruksi  yang  berkaitan  dengan frame animasi atau squencer. 

  Screen  Layout – Tampilan settingan secara default dan  terletak di sudut kiri atas.Dll.


3.Pivot Animator

Pivot Animator merupakan aplikasi gratis pembuat video yang  bisa  kalian  gunakan  selanjutnya.  Aplikasi  ini  bisa digunakan untuk membuat karakter seperti stickman yang sering kita lihat  dalam bentuk animasi flash. 



Fitur:

   Figure – Setelah  aplikasi  terbuka,  kalian  akan  dihadapkan  pada  sebuah  figur stickman yang  bisa  digerakkan pada beberapa titiknya.

   Frame – Sebuah  papan  atau  layer  tempat  figur  digerakkan.  Nantinya,  untuk  membuat  animasi  dibutuhkan  banyak frame yang  mana  masing‐ masing frame memiliki gambar figur dengan posisi yang  berbeda‐beda.

  Stop  &  Play  Button – Tombol  ini  digunakan  untuk  memainkan  atau  menghentikan  animasi  yang  telah  dibuat. 

  Tools – Berbagai tools yang  digunakan  untuk  melengkapi animasi, seperti tulisan, warna figur, dll.


4.Synfig studio

Aplikasi  untuk  membuat  video  animasi  berikutnya  yang  bisa  kalian  gunakan  adalah  Synfig  Studio.  Sama  seperti  Blender,  aplikasi Synfig Studio merupakan aplikasi open source yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis melalui situs online.  Meski gratis, kalian  tetap  bisa menghasilkan video animasi  2D  berkualitas tinggi. Di sini kalian bisa menambahkan objek atau  elemen  yang  sebagian  besar  didasarkan  pada  vektor  dan  dikembangkan secara parametrik. 







Fitur:

   Buat  Animasi  Tanpa Tweening – Kalian  bisa  mengubah  bentuk  vektor  sesuai  dengan  keinginan.  Simulasi  gerakan  juga  bisa  kalian  ubah  dengan  mudah  dan  proses render bisa berjalan cepat.  Terdapat  Lebih  dari  50  Layer  – Ada  berbagai  lapisan  layer  yang  disediakan  oleh  aplikasi  ini  sehingga  kalian  bisa membuat animasi yang rumit sekalipun.

   Support  Audio – Kalian  bisa  menyesuaikan  animasi  dengan soundtrack yang akan dipasang. 

  Mendukung penuh penggunaan pen tablet.   High Dynamic‐Range Imaging (HDR). 


5.Anime Studio

Sama  dengan  aplikasi  sebelumnya,  Anime  Studio  juga  merupakan  aplikasi  pembuat  video  berbasis  vektor.  Pembuatan  animasi  di  aplikasi  ini  relatif  cepat  karena  menggunakan vektor  morphing dan  bukan  melalui  skema frame‐by‐frame.  Aplikasi  ini  juga  memiliki  beberapa  fungsi  3D  dasar  yang  bisa  juga  dilihat  sebagai  program 2½D. 



 Fitur: 

  Menggunakan bone dan timeline untuk  menggerakkan  karakter.

  Hanya butuh 1 gambar untuk membuat animasi.

    Mudah digunakan dan tidak rumit. 


6.Aurora 3D Animation Maker

Di  posisi  berikutnya  ada  aplikasi  membuat  video  animasi  bernama  Aurora  3D  Animation  Maker.  Aplikasi  ini  bisa  memfasilitasimu  untuk  membuat  animasi  3D  tanpa  batas.  Berbagai  bentuk  objek  dan  juga  aneka  efek  bisa  dibuat  di  sini.  Kalian  juga  bisa  mengatur  durasi  dan  tingkat  pemutaran  pada  video animasi yang telah kalian buat.




Fitur: 

  Konversi  video  ke  dalam  bentuk Flash,  GIF,  atau  video  biasa.

   Terdapat banyak template animasi. 

  Bebas membentuk objek sesuka hati (Free‐hand Shape).  

 Terdapat fitur 3D Manipulation. Dll.


7.AnimatorDV

Jika  kalian  ingin  membuat  sebuah video stop  motion,  maka  AnimationDV adalah aplikasi yang tepat untuk digunakan. Fitur‐ fitur  di  dalamnya  sangat  mendukung  pembuatan video stop  motion yang cukup powerfull.  Software satu  ini  bisa  kalian  unduh  secara  gratis  untuk  versi simple‐nya,  sedangkan  untuk  versi  berbayar  harga  yang  dipatok sekitar $ 25 – 300



Fitur: 

  Mengambil gambar saat diam. 

  Onion skin. 

  Video noise reduction.  

 AVI export. 

  RAM player.

   Tools untuk melakukan time‐lapse.


8.Stykz

Aplikasi  satu  ini  hampir  sama  dengan  Pivot  Animator,  yaitu  dengan menghadirkan figure manusia  dengan model stickman.  Bahkan  fitur‐fitur  dan  juga tools di  dalamnya  juga  tidak  jauh  berbeda.  Kalian  bisa  mengunduh  dan  menginstall  aplikasi  ini  secara  gratis tanpa ada biaya tambahan. 



  fitur:

  Adanya karakter manusia berbentuk stickman yang bisa  diatur gerakannya. 

  Terdiri  dari  beberapa frame untuk  menggambarkan  gerakan karakter. 

  Tombol Play  –  Pause untuk  memainkan  dan  menghentikan animasi yang sudah dibuat


9.Tupi

Di  posisi  kesembilan  ada  aplikasi  membuat  video  animasi  bernama Tupi. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang bisa  kalian  gunakan  untuk  membuat  video  animasi  2D.  Beberapa tools seperti pencil, tweening, warna, dll.  Jika  kalian  memiliki  file  gambar  “SVG”,  kalian  bisa  mengimpornya  ke  dalam  animasi.  Setelah  animasi  jadi,  kalian  juga  bisa  menyimpannya  dalam  bentuk Flash,  MPG,  AVI,  bahkan PNG.

 

Fitur: 

  Dapat mengimpor file gambar SVG. 

   Simpan  animasi  dalam  berbagai  format  (Flash,  MPG,  AVI, PNG, dll). 


10.DAZ Studio

Aplikasi satu ini merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin  menghasilkan  karya  animasi  3  dimensi  yang powerfull.  Aplikasi  ini  bahkan  sangat  memadai  fiturnya  untuk  digunakan  oleh para profesional.  Beragam  fitur dan juga tools di dalamnya cukup lengkap. Yang  mana  mungkin  kalian  akan  memerlukan  waktu  untuk  bisa  menguasai semua fiturnya. 




Fitur:

   Drag and drop melalui asset views.

   Tambahan tools pada content library. 

  Settingan  pada vertext selection menggunakan point  size

   Support proud Nvidia terbaru ditingkatkan.  


11.Moho

Sebelum  aplikasi  Anime  Studio  lahir,  nama  awalnya  adalah  Moho.  Tahun  2007  pihak  Smith Micro  mengambil  alih  proyek  ini dan mengganti namanya menjadi Anime Studio.  Hingga  akhirnya  tahun  2019  lalu  Smith  Micro  menggunakan  nama  Moho  kembali  karena  tidak  ingin  hanya  berfokus  pada  pembuatan anime saja.  Aplikasi  ini  menawarkan  pembuatan  animasi  3D  yang  sangat  mumpuni, hal itu tergambar dari banyaknya fitur dan juga tools  di  dalam  aplikasi  ini.  Beragam template karakter  juga  ada  di  aplikasi ini. 


12.Maya

Selanjutnya  ada  aplikasi  untuk  membuat  video  animasi  bernama  Maya.  Aplikasi  ini  memiliki  fitur  yang  lengkap  serta  sudah  digunakan  oleh  kalangan  profesional  untuk  memenuhi  kebutuhan  industri  televisi  dan  juga  film  dalam  pembuatan  animasi  3D.  Selain  itu,  Maya  juga  digunakan  untuk  membuat modeling dan juga efek pada film. 


13.Terragen

Terragen  adalah  aplikasi  pembuat  video  animasi  besutan  Planetside  Software  yang  ideal  untuk  membuat  animasi  3D.Aplikasi  ini  bisa  kalian  gunakan  di  semua platform Windows  yang kalian miliki. Kalian bisa download aplikasi ini tanpa biaya  apapun alias gratis. Tidak perlu bingung jika kalian masih belum  berpengalaman  dalam  membuat  animasi  karena  aplikasi  ini  cukup mudah digunakan. 


14.Seamles3D

Aplikasi  ini  awalnya  digunakan  untuk  membuat  pemodelan  yang  tersedia  secara  gratis.  Hingga  akhirnya,  aplikasi  ini  bisa digunakan  sebagai editor  mesh dan  animator.  Fitur  utama  di  aplikasi  ini  adalah node  build yang  memungkinkan  kita  untuk  melakukan  urutan  operasi  kompleks  setiap  titik  kontrol  pada  jendela 3D ditarik dan hal itu dilakukan secara real‐time. 


15.OpenToons

Aplikasi  membuat  video  animasi  terakhir  yang  direkomendasikan untuk kalian adalah OpenToonz. Aplikasi ini  termasuk aplikasi pembuat kartun 2D dengan perpaduan komik  DC  dan  anime  Jepang.  Salah  satu  karya  yang  dibuat  menggunakan  aplikasi  ini  adalah  anime  Batman  Ninja. Software OpenToonz  sendiri  bisa  diunduh  secara  gratis  karena berlisensi open source.

  Fitur: 

  Alat scanning GTS  untuk  membantu  proses  scan  gambar. 

  Digital painting yang smooth. 

  Mendukung  penggunaan plug‐in untuk  memberi  efek  tambahan.

 

16.toon boom harmony

Tidak kalah terkenal Toon Boom Harmony, aplikasi untuk  membuat  animasi  yang  satu  ini  juga  sering  digunakan  oleh  para  animator  profesional.  Bahkan,  Toon  Boom  Harmony  mendapat  gelar  sebagai  aplikasi  pembuat  animasi 2D terbaik.    Interface dari  aplikasi  pembuat  animasi  2D  ini  sangat  mudah untuk dipahami, sehingga tergolong ramah untuk  pemula  sekalipun.  Meskipun  begitu,  hasil  animasi  2D  yang  dihasilkan  bisa  jadi  “wow”  banget  kalau  berada  di  tangan para profesional.  Studio terkenal yang menggunakan Toon Boom Harmony  antara  lain  Cartoon  Network,  Universal  Studio,  Dreamworks,  Nelvana,  Toei  Animation  Tezuka  Production, dan masih banyak lagi yang lainnya.1. PENCIL 2D ANIMATION





Ini satu alat untuk membuat animasi 2D dengan cara tradisional. Program ini memulai desain dan pengembangannya pada Mac OS 10.4 menggunakan Qt. Karena pustaka Qt bersifat lintas platform, versi untuk Gnu / Linux dan Windows kemudian diproduksi. Pencil2D berada di bawah lisensi open source GPL.


Dengan program ini, para pengguna, para pengguna, akan mampu membuat kartun menggunakan teknik tradisional (gambar garis, kulit bawang, dll…), bitmap dan grafik vektor. Kami juga akan memiliki kemungkinan untuk dengan mudah beralih di antara alur kerja raster dan grafik vektor dalam pembuat animasi 2D ini. Setelah animasi selesai, itu akan memungkinkan kita untuk mengekspor animasi kita dalam file video atau GIF, selain itu kita juga dapat mengimpor suara di software ini.


Karakteristik umum Pencil2D



 

Program tersebut menawarkan desain minimalis. Hasil Ringan dan mudah digunakan sehingga pengguna dapat berkonsentrasi pada animasi.

Program ini adalah sepenuhnya open source dan gratis untuk digunakan. Kode sumbernya dapat ditemukan di GitHub.

Kami akan dapat beralih di antara keduanya dengan mulus aliran raster dan vektor, memungkinkan Anda menggambar dan melukis saat dalam perjalanan.

Pencil2D adalah lintas platform dan berjalan di Windows, macOS, Gnu / Linux, dan FreeBSD.

Program ini akan memungkinkan kita untuk menggunakan roda warna tersedia. Dengan itu, menemukan warna untuk animasi kita tidak akan menjadi masalah.



Jika Anda tidak suka memberi label warna Anda, dalam program ini Anda bisa lihat palet warna kami sebagai kotak warna. Selain itu, sekarang juga memungkinkan kami untuk mengubah ukuran sampel.

Programnya Ini akan memungkinkan kita menggunakan kulit bawang berwarna untuk membuat animasi lebih mudah. Kami akan dapat menunjukkan kulit bawang dari 'bingkai sebelumnya'berwarna merah dan kulit bawang'frame berikutnya'dengan warna biru untuk melihatnya dengan jelas.

Kami akan mampu ekspor animasi yang dihasilkan ke mp4, avi atau gif animasi. Kami akan menemukan opsi ini di Menu → File → Ekspor.

Kami akan menemukan program ini tersedia dalam berbagai bahasa. Sampai hari ini mereka dapat ditemukan sekitar 23 bahasa tersedia di Pencil2D. Ini termasuk; Spanyol, Inggris, Ceko, Denmark, Jerman, Prancis, Hongaria, Italia, Jepang, Portugis, Rusia, dan Cina Tradisional.

2.Blender


Aplikasi pertama yang juga  sudah cukup  terkenal bahkan oleh  profesional  adalah  Blender.  Aplikasi  ini  bersifat open  source dan bisa digunakan secara gratis.  Untuk  menguasai  aplikasi  ini  memang  cukup  susah  karena  banyaknya tools yang  bisa  digunakan.  Seperti  pencahayaan,  pemodelan,  animasi,  operasi  pasca  konversi  video,  dll.  Salah  satu aplikasi membuat video animasi terbaik saat ini





Animasi & Rigging

Berkat peralatan rigging dan animasi berkualitas tinggi, Blender sekarang digunakan untuk banyak film pendek, iklan, serial TV, dan film layar lebar.


· Amplop, kerangka dan menguliti otomatis

· Tulang interpolasi B-spline

· Editor kurva dan lembar obat bius

· Bentuk tulang khusus untuk input cepat

· Sinkronisasi suara


Fitur: 

  Header – Berisi tools seperti File, Add, Render,  dan Help.

   View Port – Sebuah tampilan yang terbentuk dari objek 3D yang berada di atas objek lain. 

  Toolbar – Daftar tools bersifat  dinamis  sesuai  dengan  objeknya.

   Outliner – Struktur data dari objek. 

  Properties – Panel  yang  memuat  perintah  pada  objek  dan  animasi  yang  bersifat  dinamis  mengikuti  bentuk  objek dan juga tools yang aktif. 

  Timeline – Baris  instruksi  yang  berkaitan  dengan frame animasi atau squencer. 

  Screen  Layout – Tampilan settingan secara default dan  terletak di sudut kiri atas.Dll.


3.Pivot Animator

Pivot Animator merupakan aplikasi gratis pembuat video yang  bisa  kalian  gunakan  selanjutnya.  Aplikasi  ini  bisa digunakan untuk membuat karakter seperti stickman yang sering kita lihat  dalam bentuk animasi flash. 



Fitur:

   Figure – Setelah  aplikasi  terbuka,  kalian  akan  dihadapkan  pada  sebuah  figur stickman yang  bisa  digerakkan pada beberapa titiknya.

   Frame – Sebuah  papan  atau  layer  tempat  figur  digerakkan.  Nantinya,  untuk  membuat  animasi  dibutuhkan  banyak frame yang  mana  masing‐ masing frame memiliki gambar figur dengan posisi yang  berbeda‐beda.

  Stop  &  Play  Button – Tombol  ini  digunakan  untuk  memainkan  atau  menghentikan  animasi  yang  telah  dibuat. 

  Tools – Berbagai tools yang  digunakan  untuk  melengkapi animasi, seperti tulisan, warna figur, dll.


4.Synfig studio

Aplikasi  untuk  membuat  video  animasi  berikutnya  yang  bisa  kalian  gunakan  adalah  Synfig  Studio.  Sama  seperti  Blender,  aplikasi Synfig Studio merupakan aplikasi open source yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis melalui situs online.  Meski gratis, kalian  tetap  bisa menghasilkan video animasi  2D  berkualitas tinggi. Di sini kalian bisa menambahkan objek atau  elemen  yang  sebagian  besar  didasarkan  pada  vektor  dan  dikembangkan secara parametrik. 







Fitur:

   Buat  Animasi  Tanpa Tweening – Kalian  bisa  mengubah  bentuk  vektor  sesuai  dengan  keinginan.  Simulasi  gerakan  juga  bisa  kalian  ubah  dengan  mudah  dan  proses render bisa berjalan cepat.  Terdapat  Lebih  dari  50  Layer  – Ada  berbagai  lapisan  layer  yang  disediakan  oleh  aplikasi  ini  sehingga  kalian  bisa membuat animasi yang rumit sekalipun.

   Support  Audio – Kalian  bisa  menyesuaikan  animasi  dengan soundtrack yang akan dipasang. 

  Mendukung penuh penggunaan pen tablet.   High Dynamic‐Range Imaging (HDR). 


5.Anime Studio

Sama  dengan  aplikasi  sebelumnya,  Anime  Studio  juga  merupakan  aplikasi  pembuat  video  berbasis  vektor.  Pembuatan  animasi  di  aplikasi  ini  relatif  cepat  karena  menggunakan vektor  morphing dan  bukan  melalui  skema frame‐by‐frame.  Aplikasi  ini  juga  memiliki  beberapa  fungsi  3D  dasar  yang  bisa  juga  dilihat  sebagai  program 2½D. 



 Fitur: 

  Menggunakan bone dan timeline untuk  menggerakkan  karakter.

  Hanya butuh 1 gambar untuk membuat animasi.

    Mudah digunakan dan tidak rumit. 


6.Aurora 3D Animation Maker

Di  posisi  berikutnya  ada  aplikasi  membuat  video  animasi  bernama  Aurora  3D  Animation  Maker.  Aplikasi  ini  bisa  memfasilitasimu  untuk  membuat  animasi  3D  tanpa  batas.  Berbagai  bentuk  objek  dan  juga  aneka  efek  bisa  dibuat  di  sini.  Kalian  juga  bisa  mengatur  durasi  dan  tingkat  pemutaran  pada  video animasi yang telah kalian buat.




Fitur: 

  Konversi  video  ke  dalam  bentuk Flash,  GIF,  atau  video  biasa.

   Terdapat banyak template animasi. 

  Bebas membentuk objek sesuka hati (Free‐hand Shape).  

 Terdapat fitur 3D Manipulation. Dll.


7.AnimatorDV

Jika  kalian  ingin  membuat  sebuah video stop  motion,  maka  AnimationDV adalah aplikasi yang tepat untuk digunakan. Fitur‐ fitur  di  dalamnya  sangat  mendukung  pembuatan video stop  motion yang cukup powerfull.  Software satu  ini  bisa  kalian  unduh  secara  gratis  untuk  versi simple‐nya,  sedangkan  untuk  versi  berbayar  harga  yang  dipatok sekitar $ 25 – 300



Fitur: 

  Mengambil gambar saat diam. 

  Onion skin. 

  Video noise reduction.  

 AVI export. 

  RAM player.

   Tools untuk melakukan time‐lapse.


8.Stykz

Aplikasi  satu  ini  hampir  sama  dengan  Pivot  Animator,  yaitu  dengan menghadirkan figure manusia  dengan model stickman.  Bahkan  fitur‐fitur  dan  juga tools di  dalamnya  juga  tidak  jauh  berbeda.  Kalian  bisa  mengunduh  dan  menginstall  aplikasi  ini  secara  gratis tanpa ada biaya tambahan. 



  fitur:

  Adanya karakter manusia berbentuk stickman yang bisa  diatur gerakannya. 

  Terdiri  dari  beberapa frame untuk  menggambarkan  gerakan karakter. 

  Tombol Play  –  Pause untuk  memainkan  dan  menghentikan animasi yang sudah dibuat


9.Tupi

Di  posisi  kesembilan  ada  aplikasi  membuat  video  animasi  bernama Tupi. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang bisa  kalian  gunakan  untuk  membuat  video  animasi  2D.  Beberapa tools seperti pencil, tweening, warna, dll.  Jika  kalian  memiliki  file  gambar  “SVG”,  kalian  bisa  mengimpornya  ke  dalam  animasi.  Setelah  animasi  jadi,  kalian  juga  bisa  menyimpannya  dalam  bentuk Flash,  MPG,  AVI,  bahkan PNG.

 

Fitur: 

  Dapat mengimpor file gambar SVG. 

   Simpan  animasi  dalam  berbagai  format  (Flash,  MPG,  AVI, PNG, dll). 


10.DAZ Studio

Aplikasi satu ini merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin  menghasilkan  karya  animasi  3  dimensi  yang powerfull.  Aplikasi  ini  bahkan  sangat  memadai  fiturnya  untuk  digunakan  oleh para profesional.  Beragam  fitur dan juga tools di dalamnya cukup lengkap. Yang  mana  mungkin  kalian  akan  memerlukan  waktu  untuk  bisa  menguasai semua fiturnya. 




Fitur:

   Drag and drop melalui asset views.

   Tambahan tools pada content library. 

  Settingan  pada vertext selection menggunakan point  size

   Support proud Nvidia terbaru ditingkatkan.  


11.Moho

Sebelum  aplikasi  Anime  Studio  lahir,  nama  awalnya  adalah  Moho.  Tahun  2007  pihak  Smith Micro  mengambil  alih  proyek  ini dan mengganti namanya menjadi Anime Studio.  Hingga  akhirnya  tahun  2019  lalu  Smith  Micro  menggunakan  nama  Moho  kembali  karena  tidak  ingin  hanya  berfokus  pada  pembuatan anime saja.  Aplikasi  ini  menawarkan  pembuatan  animasi  3D  yang  sangat  mumpuni, hal itu tergambar dari banyaknya fitur dan juga tools  di  dalam  aplikasi  ini.  Beragam template karakter  juga  ada  di  aplikasi ini. 


12.Maya

Selanjutnya  ada  aplikasi  untuk  membuat  video  animasi  bernama  Maya.  Aplikasi  ini  memiliki  fitur  yang  lengkap  serta  sudah  digunakan  oleh  kalangan  profesional  untuk  memenuhi  kebutuhan  industri  televisi  dan  juga  film  dalam  pembuatan  animasi  3D.  Selain  itu,  Maya  juga  digunakan  untuk  membuat modeling dan juga efek pada film. 


13.Terragen

Terragen  adalah  aplikasi  pembuat  video  animasi  besutan  Planetside  Software  yang  ideal  untuk  membuat  animasi  3D.Aplikasi  ini  bisa  kalian  gunakan  di  semua platform Windows  yang kalian miliki. Kalian bisa download aplikasi ini tanpa biaya  apapun alias gratis. Tidak perlu bingung jika kalian masih belum  berpengalaman  dalam  membuat  animasi  karena  aplikasi  ini  cukup mudah digunakan. 


14.Seamles3D

Aplikasi  ini  awalnya  digunakan  untuk  membuat  pemodelan  yang  tersedia  secara  gratis.  Hingga  akhirnya,  aplikasi  ini  bisa digunakan  sebagai editor  mesh dan  animator.  Fitur  utama  di  aplikasi  ini  adalah node  build yang  memungkinkan  kita  untuk  melakukan  urutan  operasi  kompleks  setiap  titik  kontrol  pada  jendela 3D ditarik dan hal itu dilakukan secara real‐time. 


15.OpenToons

Aplikasi  membuat  video  animasi  terakhir  yang  direkomendasikan untuk kalian adalah OpenToonz. Aplikasi ini  termasuk aplikasi pembuat kartun 2D dengan perpaduan komik  DC  dan  anime  Jepang.  Salah  satu  karya  yang  dibuat  menggunakan  aplikasi  ini  adalah  anime  Batman  Ninja. Software OpenToonz  sendiri  bisa  diunduh  secara  gratis  karena berlisensi open source.

  Fitur: 

  Alat scanning GTS  untuk  membantu  proses  scan  gambar. 

  Digital painting yang smooth. 

  Mendukung  penggunaan plug‐in untuk  memberi  efek  tambahan.

 

16.toon boom harmony

Tidak kalah terkenal Toon Boom Harmony, aplikasi untuk  membuat  animasi  yang  satu  ini  juga  sering  digunakan  oleh  para  animator  profesional.  Bahkan,  Toon  Boom  Harmony  mendapat  gelar  sebagai  aplikasi  pembuat  animasi 2D terbaik.    Interface dari  aplikasi  pembuat  animasi  2D  ini  sangat  mudah untuk dipahami, sehingga tergolong ramah untuk  pemula  sekalipun.  Meskipun  begitu,  hasil  animasi  2D  yang  dihasilkan  bisa  jadi  “wow”  banget  kalau  berada  di  tangan para profesional.  Studio terkenal yang menggunakan Toon Boom Harmony  antara  lain  Cartoon  Network,  Universal  Studio,  Dreamworks,  Nelvana,  Toei  Animation  Tezuka  Production, dan masih banyak lagi yang lainnya

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)