SOFTWER ANIMATION

Sofia

 BAB 5:Perkembangan Teknologi Animasi


    1.BLENDER

 Perangkat Animasi

Kumpulan fitur animasi Blender menawarkan:

  • Editor pose animasi karakter
  • Animasi Non Linier (NLA) untuk gerakan mandiri
  • Kinematika maju/mundur untuk pose cepat Sinkronisasi suara













   


Mengubah model menjadi karakter yang menarik tidak pernah semudah ini!

Blender menawarkan seperangkat alat rigging yang mengesankan termasuk:

  • Amplop, kerangka dan pengulitan otomatis
  • Lukisan berat yang mudah
  • Fungsionalitas cermin
  • Lapisan tulang dan kelompok berwarna untuk organisasi
  • Tulang interpolasi B-spline

Kendala
Batasan adalah cara untuk mengontrol properti objek (misalnya lokasi, rotasi, skala), menggunakan nilai statis biasa (seperti nilai “batas”), atau objek lain, yang disebut “target” (seperti nilai “salinan”) .
Anda dapat mengontrol animasi suatu objek melalui target yang digunakan oleh batas(ini adalah bentuk animasi tidak langsung). Memang benar,target ini kemudian dapat mengontrol properti pemilik batasan, dan karenanya,menganimasikan target secara tidak langsung akan menghidupkan pemiliknya.Anda dapat menganimasikan pengaturan batasan. misalnya Pengaruh atauketika menggunakan tulang angker sebagai target,hidupkan di mana di sepanjang tulang ini (antara akar dan ujung) terdapat titik target sebenarnya.
Driver adalah cara untuk mengontrol nilai properti melalui fungsi, ekspresi matematika, atau skrip kecil.Secara efektif, driver disusun oleh:

  • Konfigurasi driver yang menentukan nilai masukan dari properti dan menggabungkannya dengan ekspresi matematika atau skrip Python.Animasi F-Curve yang memetakan keluaran konfigurasi driver ke nilai yang akan diterapkan pada properti yang digerakkan
campuranTombol bentuk digunakan untuk mengubah bentuk objek menjadi bentuk baru untuk animasi. Dalam terminologi lain, kunci bentuk dapat disebut “target morf” atau “bentuk ”.Kasus penggunaan paling populer untuk tombol bentuk adalah dalam animasi wajah karakter dan dalam penyesuaian dan penyempurnaan perlengkapan kerangka. Mereka sangat berguna untuk memodelkan bagian lunak dan otot organik di mana terdapat kebutuhan untuk kontrol lebih besar terhadap bentuk yang dihasilkan dibandingkan dengan apa yang dapat dicapai dengan kombinasi rotasi dan skala.
Alat Jalur Gerak memungkinkan Anda memvisualisasikan pergerakan titik sebagai jalur pada serangkaian bingkai. Titik-titik tersebut dapat berupa asal benda dan sendi tulang.

    2.PIVOT ANIMATOR

Pivot Animator adalah sebuah aplikasi untuk membuat animasi karakter tongkat yang sederhana, meskipun Anda tidak mengerti apa pun terkait animasi Flash.

Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk membuat makhluk sederhana dan lucu berbentuk tongkat, yang dapat menciptakan sebuah cerita lengkap dengan mudah.

Gambar karakter Anda, tentukan titik sendinya, dan berikan hidup. Titik sendi akan menghemat waktu bermenit-menit

Animasi harus dibuat per adegan demi adegan, dan tidak ada cara lain yang bisa menggantikannya. Gambarlah satu adegan dan lanjutkan adegan berikutnya. Setelah selesai, tekan play untuk melihat hasil karya Anda yang mengagumkan.

Jika mau, Anda bisa memberikan gambar latar dan karakter-karakter baru dalam membuat animasi pribadi Anda. 


      3.SYNFIG STUDIO

Synfig Studio adalah perangkat lunak animasi 2D sumber terbuka dan gratis, dirancang sebagai solusi kekuatan industri yang kuat untuk membuat animasi berkualitas film menggunakan karya seni vektor dan bitmap. Ini menghilangkan kebutuhan untuk membuat animasi bingkai demi bingkai, memungkinkan Anda menghasilkan animasi 2D dengan kualitas lebih tinggi dengan lebih sedikit orang dan sumber daya.


    4.ANIME STUDIO

membuat anime disebut animator. Pada animator bekerja di sebuah studio untuk memproduksi sebuah anime. di dalam studi itu, terdapat beberapa animator yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah anime yang berkualitas.Anime studio juga merupakan aplikasi pembuat video berbasis vektor. Pembuatan animasi di aplikasi ini relatif cepat karena menggunakan vektor dan bukan melalui skema frame by frame.


    5.AURORA 3D ANIMATION MAKER

Aurora 3D Animation Maker memberi animator alat yang mereka perlukan untuk membuat animasi yang mereka inginkan. Kreativitas mereka adalah batasnya! Mulailah dengan templat atau buat proyek kosong baru dan dari sana tambahkan aset grafis Anda sendiri atau gunakan aset yang sudah dimuat sebelumnya. Dari sana terus tambahkan elemen pemandangan dan efek khusus. Baik Anda membuat pengantar sederhana untuk presentasi atau rangkaian kompleks untuk dijadikan elemen situs web kelas atas, Aurora memiliki alat dan efek untuk membuat proyek Anda bersinar.

Ruang kerjanya bersih dan intuitif sehingga Anda tidak akan tersesat dalam proyek Anda sendiri, perangkat lunak untuk animator pemula dan tingkat lanjut! Unduh uji coba gratis hari ini dan lihat apa yang ditawarkan Aurora 3D Animation Maker.


    6.AnimatorDV

Animator DV hadir dalam 4 versi berbeda tergantung kebutuhan animasi Anda. Ada versi gratis bernama Animator DV Simple+ yang memiliki fitur pengambilan bingkai dasar untuk memungkinkan Anda mengambil gambar diam. Ada tiga versi lebih lanjut Pendidikan/Pribadi seharga 199 Euro (kira-kira 350 USD), Profesional+ seharga 699 Euro, dan Produser Film seharga 1499 Euro.

Edisi standar dan yang lebih baru memiliki lebih banyak fitur, jika tidak semua fitur praktis yang mungkin diperlukan oleh animator semi pro atau profesional.


    7.STYKZ

Stykz adalah program animasi stickfigure yang terinspirasi oleh perangkat lunak Pivot Stickfigure Animator yang populer. Selain dukungan lintas platform, ia menambahkan beberapa peningkatan fitur bersama dengan kemampuan untuk mengimpor dan menggunakan animasi Pivot (.stk) yang ada.Meskipun serupa dalam banyak hal, Stykz menawarkan antarmuka yang benar-benar berbeda (beberapa jendela mengambang) bersama dengan pengeditan dalam adegan, kemampuan untuk menyalin/menempelkan gambar, meregangkan dan mendistorsi elemen, pengaturan lapisan, dan banyak lagi.Stykz menyediakan beberapa tutorial untuk membantu Anda memulai animasi pertama Anda, serta informasi mendetail untuk pengguna yang beralih dari Pivot. Animasi Anda dapat diekspor ke animasi GIF, video .MOV (memerlukan Quicktime) atau serangkaian gambar diam PNG atau JPEG.

    8.Pencil 2D Animation

  • Pencil2D adalah lintas platform dan berjalan di Windows, macOS, Gnu / Linux, dan FreeBSD.
  • Program ini akan memungkinkan kita untuk menggunakan roda warna tersedia. Dengan itu, menemukan warna untuk animasi kita tidak akan menjadi masalah.
  • Jika Anda tidak suka memberi label warna Anda, dalam program ini Anda bisa lihat palet warna kami sebagai kotak warna. Selain itu, sekarang juga memungkinkan kami untuk mengubah ukuran sampel.
  • Programnya Ini akan memungkinkan kita menggunakan kulit bawang berwarna untuk membuat animasi lebih mudah. Kami akan dapat menunjukkan kulit bawang dari 'bingkai sebelumnya'berwarna merah dan kulit bawang'frame berikutnya'dengan warna biru untuk melihatnya dengan jelas.
  • Kami akan mampu ekspor animasi yang dihasilkan ke mp4, avi atau gif animasi. Kami akan menemukan opsi ini di Menu → File → Ekspor.
Kami akan menemukan program ini tersedia dalam berbagai bahasa. Sampai hari ini mereka dapat ditemukan sekitar 23 bahasa tersedia di Pencil2D. Ini termasuk; Spanyol, Inggris, Ceko, Denmark, Jerman, Prancis, Hongaria, Italia, Jepang, Portugis, Rusia, dan Cina Tradisional.


    9.TUPI
TupiTube Desk adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengekspor animasi menggunakan teknik yang berbeda seperti frame demi frame, animasi cut-out, stop motion, dll. Ini adalah alat yang bisa digunakan secara gratis.
  • TupiTube Desk adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengekspor animasi menggunakan teknik yang berbeda seperti frame demi frame, animasi cut-out, stop motion, dll.
Ini adalah alat yang bisa digunakan secara gratis. Kami akan dapat menemukannya tersedia untuk dipasang di peralatan dengan Windows, Mac dan Gnu / Linux
   10.DAZ Studio
Daz Studio adalah aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan dan ditawarkan secara gratis oleh Daz 3D. Daz Studio adalah aplikasi pembuatan dan rendering adegaDaz Studio juga mendukung impor dan ekspor berbagai format file untuk objek dan animasi 3D untuk memungkinkan penggunaan konten 3D lainnya di dalam Daz Studio, serta mengeluarkan konten dari Daz Studio untuk digunakan dalam aplikasi 3D lainnya.

Daz Studio tersedia secara gratis, tetapi diperlukan pendaftaran.[2] Versi 1.0 dirilis pada musim gugur 2005. Sampai versi 1.7 logonya bergaya sebagai "DAZ|Studio". Pada 1 Februari 2012, Daz 3D mengumumkan akan memberikan Daz Studio Pro secara gratis.[3]

Pada tahun 2017, Daz 3D juga mulai menawarkan Hexagon dan Daz Studio bersama-sama secara gratis, sehingga menambahkan kemampuan pemodelan 3D ke penawaran Daz Studio.n 3D yang digunakan untuk menghasilkan gambar dan juga video.
     11.MOHO
Moho adalah sebuah software animasi 2D yang lebih focus di cut out animation (Troftgruben, 2014). Salah satu fungsi yang terkenal di dalam Moho Anime Studio adalah Rigging.Bone Animation biasa dipakai sebagai alat untuk menggerakkan bone objek pada modelling dengan menggunakan tool Manipulate Bones (Purnomo, 2017).
    12.   MAYA
Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin. Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.
    13.TERAGEN 
Terragen™ adalah solusi ampuh untuk membangun, merender, dan menganimasikan lingkungan alam yang realistis. Ciptakan seluruh dunia dari imajinasi Anda, atau impor kumpulan data medan dunia nyata dan gunakan Terragen untuk membuat visualisasi paling realistis. Anda mengontrol cuaca, lanskap, sungai, danau dan lautan, matahari, bulan, dan bintang. Dengan Terragen Anda memiliki kendali penuh atas jaringan shader yang digunakan untuk medan, tekstur, perpindahan mikropoligon, awan, dan distribusi objek. Anda dapat mengatur ulang saluran peneduh planet agar sesuai dengan tujuan Anda. Tempatkan rumput dan pepohonan di mana pun Anda inginkan, serta objek lain dalam format TGO atau OBJ asli yang telah Anda modelkan dalam perangkat lunak pihak ketiga.
    14.SEAMLESS3D
Seamless3d kini menjadi salah satu program pemodelan & animasi 3D termudah yang menawarkan kebebasan artistik.Dirancang oleh seorang Artis, untuk Artis Seamless3d adalah perangkat lunak. 
   15.OPENTOONZ
OpenToonz adalah software animasi 2D yang diterbitkan oleh Dwango. OpenToonz disajikan sebagai program yang ideal untuk membuat kartun. Ini dapat digunakan oleh siapa saja tanpa biaya.Animasi adalah sesuatu yang banyak orang temukan menarik dan akan senang untuk berkecimpung sebagai hobi. Beberapa tidak akan lebih jauh dari menciptakan pria tongkat untuk hiburan media sosial, sementara yang lain mungkin melanjutkan untuk membuat game mereka sendiri atau serial web animasi di YouTube.

Masalahnya di sini adalah bahwa membuat animasi hebat membutuhkan perangkat lunak animasi yang baik. Namun, perangkat lunak terbaik untuk tugas ini biasanya membutuhkan banyak uang, dan tidak semua orang mampu membuang ratusan dolar untuk perangkat lunak. Sekarang, ada beberapa perangkat lunak animasi gratis di luar sana, tetapi mari kita hadapi itu, ini biasanya sulit untuk digunakan. Di sinilah perangkat lunak baru dan menarik yang dikenal sebagai OpenToonz ikut bermain.








Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)