Software Animation

NAZUA

JENIS- JENIS APLIKASI SOFWARE ANIMASI ATAU TOOLS

1. BLENDER

 Animation Toolset

Blender's animation feature set offers:

  • Character animation pose editor
  • Non Linear Animation (NLA) for independent movements
  • Forward/inverse kinematics for fast poses
  • Sound synchronization
Rigging

Transforming a model into a posable character has never been easier!

Blender offers an impressive set of rigging tools including:

  • Envelope, skeleton and automatic skinning
  • Easy weight painting
  • Mirror functionality
  • Bone layers and colored groups for organization
  • B-spline interpolated bones
2. PIVOT ANIMATON


PIVOT ANIMATOR V5.1.31 SEKARANG TERSEDIA

11/01/2023

Beberapa masalah telah diperbaiki sejak v5.1.23 dan beberapa fitur baru yang berguna telah ditambahkan. File stk sekarang dapat diseret ke kanvas dari Windows Explorer, operasi gambar dapat dilakukan dalam beberapa bingkai sekaligus untuk menghemat waktu, ada pemilih font teks yang ditingkatkan, ada opsi untuk membuat kanvas utama mengikuti kanvas pembuat transparan saat Anda menggeser dan zoom untuk menjaga objek tetap sejajar, dan kehalusan menyeret gambar telah ditingkatkan. Lihat daftar lengkap perubahan di file ReadMe.

3.  SYNFIG STUDIO

Animasi adalah bidang yang kuat dengan banyak spesialisasi dan lebih banyak alat untuk menciptakan tampilan atau gaya tertentu. Dalam dua bulan terakhir, saya telah meliput Krita Animation  untuk animasi sel digital yang digambar tangan dan  StopGo untuk animasi stop motion. Masih banyak lagi aplikasi animasi di luar sana, salah satunya adalah Blender  untuk animasi 3D dan segala jenis hybrid (lihat bagaimana beberapa pengguna menyalahgunakan alat Grease Pencil untuk animasi atau efek Freestyle yang luar biasa ), GIMP Animation Plugin GAP , Tupi , OpenToonz yang baru bersumber terbuka , dan banyak lagi.

Saya tidak dapat meninjau setiap aplikasi animasi (setidaknya, tidak semuanya sekaligus), jadi rangkaian animasi terakhir yang akan saya lihat tahun ini adalah Synfig Studio . Synfig Studio adalah sistem animasi "tweenless" yang dirancang untuk mempercepat proses animasi dengan menggunakan sprite dan digital tweening daripada menambah beban kerja ilustrasi. Oleh karena itu, ini ideal untuk artis solo atau tim animasi kecil.

Synfig siap produksi. Proyek Morevna , sebuah studio anime kecil, tidak hanya memproduksi konten tetapi juga beberapa tutorial tentang alat mereka, dengan semuanya diproduksi pada tumpukan sumber terbuka, dirilis sebagai Creative Commons. Lebih baik lagi, saat mereka bekerja, mereka mengembangkan dan meningkatkan alat yang mereka gunakan dan menerapkan kode mereka agar dapat digunakan semua orang.


4 ANIME STUDIO

Studio anime adalah pihak yang berperan penting dalam perkembangan industri anime di Jepang. Perusahaan tersebutlah yang bekerja keras demi memproduksi anime layak tonton yang disukai banyak penggemar

Ada banyak Anime Populer yang Dihasilkan Studio Ghibli 

Berikut ini adalah beberapa anime ternama yang diproduksi oleh Ghibli Studio anime: 

1. Spirited Away

spirited away
Spirited Away via imdb.com

Anime yang satu ini merupakan salah satu karya yang dihasilkan oleh Studio Ghibli anime. Spirited Away yang tayang di Netflix ini akan menampilkan beragam jenis makhluk gaib yang berasal dari Negeri Sakura. Anime ini menceritakan keluarga Chihiro yang sedang dalam perjalanan pulang menuju kampung halaman mereka. 

Kelelahan membuat keluarga ini berhenti sejenak di sebuah kuil yang tidak terurus. Namun perilaku yang tidak sopan, akhirnya membuat orangtua Chihiro mendapat kutukan dan berubah menjadi babi. Hal ini membuat Chihiro mencoba berbagai cara untuk mengubah kembali wujud orangtuanya dan menemukan jalan pulang ke rumahnya. 

2. My Neighbor Totoro

my neighbor totoro
My Neighbor Totoro via imdb.com

Anime keluaran Studio Ghibli ini bercerita tentang Totoro, sosok makhluk gaib dengan wujud yang menggemaskan. Totoro tinggal di sebuah pohon yang tumbuh cukup dekat dengan sebuah rumah, di mana dua orang kakak beradik dan ibunya tinggal. Keduanya begitu suka pada Tororo, sebab makhluk yang aneh itu sangat baik hati. Pertemanan ketiganya dikemas dengan sangat apik dalam anime yang bisa disaksikan di Netflix ini.  

3. Howl’s Moving Castle

howls moving castle
Howl's Moving Castle via imdb.com

Anime yang dibuat oleh Ghibli Studio movies ini bercerita tentang Sophie Hatter yang cantik. Sophie merupakan gadis tertua dari 3 orang bersaudara, di mana ketiganya adalah pembuat kopi untuk semua orang yang ada di kota mereka. Ini merupakan kota yang dipenuhi dengan berbagai kekuatan sihir. 

Sama seperti gadis lainnya, Shopie dan ketiga saudaranya juga dilarang untuk bepergian atau keluar rumah. Hal ini disebabkan oleh Howl, penyihir jahat dan sekaligus pemilik istana berjalan. Namun secara mengejutkan, gadis itu justru memiliki untuk berpetualang bersama Howl dalam film yang tayang di Netflix ini. 

4. Ponyo

ponyo
Ponyo via imdb.com

Film yang dibuat oleh Ghibli Studio anime ini terbilang ringan dan bisa dinikmati dengan santai. Anime ini menceritakan seekor ikan mas ajaib yang sedang mencoba untuk melarikan diri dari kejaran ayahnya. Ikan ajaib ini berteman dengan seorang bocah, lalu berupaya untuk bisa menjalani kehidupannya di daratan. Meski terlihat sederhana, film yang tayang di Netflix ini menyuguhkan visual apik dan nyaman untuk ditonton. 

5. Kiki’s Delivery Service

Kiki’s Delivery Service
Kiki's Delivery Service via imdb.com

Animasi yang dibuat oleh Studio Ghibli movie ini tayang di Netflix. Animasi ini bercerita tentang Kiki, remaja penyihir yang harus mengikuti tradisi di usianya yang ke-13 tahun. Kiki harus pergi dari rumah dan melakukan petualangan untuk melatih kemampuan sihir yang dimilikinya.


5.AURORA 3D ANIMATION MAKER

Aurora 3D Presentation merupakan sebuah tool untuk membuat slide presentasi 3D. Dengan perangkat lunak ini dapat dengan mudah menghasilkan presentasi yang bagus untuk gambar, teks, model video, dan data, dan memilih banyak cara untuk menampilkan konten presentasi.

6. ANIMATIORDV

AnimatorDV Simple. AnimatorDV Simple adalah perangkat lunak animasi yang kuat yang membantu pengguna menciptakan film animasi stop motion dengan mudah menggunakan antarmuka. Kamu dapat men-download versi lengkap dari Simple AnimatorDV secara gratis dari situs web software download.

7.STYKZ

Stykz merupakan program untuk membuat animasi sederhana berbasis pivot yang menghasilkan kombinasi gerakan frame per frame. Program Stykz menjadi pilihan karena harganya yang gratis, ukuran file yang tidak terlalu besar, dan mudah dioperasikan.

8. PENCIL 2D ANIMATION

Tentang Pencil2D

Di antara karakteristiknya yang paling menonjol, dapat disebutkan bahwa ringan, mudah digunakan dan bekerja di Linux (Alat itu sendiri adalah lintas platform, karena ia juga memiliki versi untuk Windows, Mac OS, dan FreeBSD).

Selain itu juga mendukung bitmap dan grafik vektor dan memungkinkan peralihan tanpa batas antara dua alur kerja. Program ini menggunakan desain minimalis yang ringan dan mudah digunakan, sehingga Anda dapat fokus pada animasi, dan memungkinkan peralihan tanpa batas antara alur kerja raster dan vektor, memungkinkan Anda menggambar, melukis, dan melukis di mana saja.

Ciri-ciri lainnya Yang bisa kami soroti adalah:

  • Memungkinkan Anda menggunakan roda warna yang tersedia. Dengan itu, menemukan warna untuk animasi kita tidak akan menjadi masalah.
  • Ini memungkinkan Anda untuk mengekspor animasi yang dihasilkan ke mp4, avi atau animasi gif.
  • Kami akan menemukan program ini tersedia dalam berbagai bahasa. Hari ini Anda dapat menemukan sekitar 23 bahasa yang tersedia di Pencil2D. Mereka termasuk; Spanyol, Inggris, Ceko, Denmark, Jerman, Prancis, Hongaria, Italia, Jepang, Portugis, Rusia, dan Cina Tradisional.

Pencil2D Saat ini dalam versi 0.6.6, Pencil2D yang sudah memiliki dukungan pemulihan kerusakan. Saat Anda memulai aplikasi, itu terbuka di proyek yang terakhir diedit secara otomatis. Dan timeline sekarang menggunakan warna dari palet sistem.

Perubahan lainnya dalam versi meliputi:

  • Masalah overlay UI yang ditingkatkan pada resolusi layar rendah dengan menambahkan bilah gulir
    "Reset Window" sekarang me-reset semua subpanel ke posisi awal mereka
  • Memperbaiki pemeriksaan pembaruan yang tidak berfungsi di Windows.
  • Memperbaiki beberapa masalah yang terkait dengan pembatalan cache bingkai.
  • Memperbaiki berbagai masalah tablet / mouse
  • Memperbaiki kebocoran memori
  • Memperbaiki nama layer baru.
  • Memperbaiki alat polyline yang rusa
9. TUPI

TupiTube Desk

       TupiTube Desk adalah sebuah software sederhana yang berguna untuk membuat animasi 2D, tupi sendiri di rancang untuk membuat animasi 2D saja tidak untuk 3D, aplikasi tupi ini dibuat untuk anak-anak yang kreatif, cara kerja tupi ini seperti aplikasi menggambar lainnya yang membedakannya adalah beberapa gambar yang telah kita buat bisa di gabungkan menjadi frame, dan akan menghasilkan gambar bergerak atau video. Tool pada TupiTube Desk cukup mudah di pahami, pada bagian atas tool tersedia button New Project, Open Project, Save Project, Save as, Close Project dan Visit Store.

10. DAZ STUDIO

Daz Studio adalah aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan dan ditawarkan secara gratis oleh Daz 3D. Daz Studio adalah aplikasi pembuatan dan rendering adegan 3D yang digunakan untuk menghasilkan gambar dan juga video. Render dapat dilakukan dengan memanfaatkan mesin render 3Delight, atau mesin render Iray, yang keduanya dikirimkan secara gratis bersama dengan Daz Studio, atau dengan berbagai plugin mesin render tambahan yang dapat dibeli untuk Daz Studio dari berbagai vendor dan perusahaan

11. MOHO


Moho, yang sebelumnya dikenal sebagai Anime Studio, adalah aplikasi pembuat animasi 2D yang ramah pengguna. Ini cocok untuk animator independen dan pemula. Moho memiliki berbagai alat untuk menggambar, mengatur gerakan, dan membuat karakter.
12. MAYA
animasi Maya adalah suatu keharusan. Fitur ekstensif perangkat lunak ini memudahkan pembuatan model dan animasi 3D yang mengesankan. Selain itu, Maya umumnya digunakan di industri film, video game, dan TV, jadi dengan keahlian Maya, Anda akan membuka diri terhadap berbagai peluang karier.
13. TERRAGEN

Terragen™ adalah solusi ampuh untuk membangun, merender, dan menganimasikan lingkungan alam yang realistis. Ciptakan seluruh dunia dari imajinasi Anda, atau impor kumpulan data medan dunia nyata dan gunakan Terragen untuk membuat visualisasi paling realistis. Anda mengontrol cuaca, lanskap, sungai, danau dan lautan, matahari, bulan, dan bintang. Dengan Terragen Anda memiliki kendali penuh atas jaringan shader yang digunakan untuk medan, tekstur, perpindahan mikropoligon, awan, dan distribusi objek. Anda dapat mengatur ulang saluran peneduh planet agar sesuai dengan tujuan Anda. Tempatkan rumput dan pepohonan di mana pun Anda inginkan, serta objek lain dalam format TGO atau OBJ asli yang telah Anda modelkan dalam perangkat lunak pihak ketiga

14. SEAMIESS3D

Kebebasan Artistik Menjadi Mudah:

Seamless3d kini menjadi salah satu program pemodelan & animasi 3D termudah yang menawarkan kebebasan artistik.

Rumah bergaya voxel dengan karakter dan tanaman organik

Dirancang oleh seorang Artis, untuk Artis Seamless3d adalah perangkat lunak sumber terbuka gratis. Saya, Thyme, pencipta Seamless3D, menggunakannya setiap hari untuk membuat karya seni.

Lucy dengan anting mutiara

15. OPENTOONZ

OpenToonz adalah perangkat lunak animasi Open Source 2D gratis untuk Windows, dan telah dibuat oleh pengembang tim yang dikenal sebagai Dwango. Perangkat lunak ini kaya fitur, namun, mudah digunakan pada saat yang sama
16. TOOM BOOM HARMONY
Toon Boom Harmony adalah program perangkat lunak animasi produksi terkemuka dari Toon Boom Animation dan dibuat untuk para profesional animasi.







Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)