Perkembangan Teknologi Animasi

Zsaskia

Pernahkah kalian berpikir, animasi pertama kali ditemukan dimana?

 

Sejarah animasi

Melansir dari 99designs, animasi pertama kali ditemukan bersamaan dengan penemuan strip film.Namun, optik di balik terciptanya animasi telah dikenal sejak awal 1800-an, ditemukannya phénakisticope (1833) karya Simon von Stampfer.Mengutip Studio Binder, salah satu animasi pertama dalam film sebenarnya dilukis dengan tangan.Hal itu dilakukan oleh seniman dan penemu Prancis, Charles-Émile Reynaud pada Praxinoscope (mesin yang mengatur pergerakan gambar).
Menurut Encyclopaedia Britannica, Émile Reynaud mengadaptasi prinsip phénakisticope ke dalam bentuk yang dapat diproyeksikan ke hadapan penonton teater pada 1876.
Kemudian Walt Disney muncul pada 1920-an dengan karakter Mickey Mouse. Ia mulai mengimplementasikan efek suara ke dalam film animasi.
Steamboat Willie (1928) adalah salah satu kartun Disney yang paling populer saat itu. Sebab menyediakan efek suara yang disukai oleh anak-anak.
Pada 1930-an, studio lain mulai mengetahui bahwa animasi ternyata bisa menghasilkan uang. Tak mau kalah dari Disney, Warner Bros meluncurkan Looney Tunes dan Merrie Melodies.

Tahun 1930-an, terjadi persaingan antara Mickey Mouse dan Bugs Bunny. Era ini lebih dikenal sebagai Zaman Keemasan animasi di Amerika Serikat. 

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)