Aplikasi atau software untuk membuat animasi pendukung pembuatan animasi

Bara albany

 Salah satu bentuk alat pendukung dalam media pembelajaran adalah video animasi. Jika sebelumnya untuk membuat animasi membutuhkan keterampilan khusus, sekarang sudah tersedia aplikasi instan untuk membuat video animasi untuk mendukung pembelajaran, berikut aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan:

Powtoon

 layanan pembuatan presentasi online dengan beberapa fitur animasi yang sangat menarik seperti animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup

 aplikasipembuat video animasi yang direkomendasikan untuk yang masih pemula di dunia animasi adalah aplikasi bernama Powtoon.Aplikasi ini  berbasis web atau aplikasi online, jadi pengguna tidak perlu mengunduh software aplikasinya. Sangat cocok untuk pemula yang ingin membuat konten video dalam bentuk animasi dengan tampilan yang menarik.

Di situs websitenya, sudah disediakan beragam template. Pengguna hanya perlu drag and drop saat membuat video animasi. Setelah sudah jadi, kamu dapat men-download video dalam kualitas HD. Powtoon juga sering digunakan untuk membuat video presentasi bisnis. Selain bisa dicoba versi gratis ada juga versi berbayar dengan fitur lebih lengkap.

Wideo

Selanjutnya ada aplikasi pembuat video animasi bernama Wideo. Dengan bantuan aplikasi ini memungkinkan seorang pemula untuk membuat video animasi dengan mudah, karena hanya tinggal drag and drop. Pengguna dapat menambahkan logo, menambahkan teks, mengubah warna, menambahkan background musik, efek transisi, dan melakukan lebih banyak lagi untuk membuat animasi yang semenarik mungkin.

GoAnimate

Berikutnya ada GoAnimate. Aplikasi ini merupakan aplikasi premium untuk keperluan membuat video animasi yang lebih advance. Dibekali juga dengan Fitur drag and drop, untuk memudahkan pengguna untuk membuat animasi dengan teks, menambah karakter, mengganti latar belakang, sehingga video yang dihasilkan lebih menarik.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah, adanya fitur character creator tool  yang memungkinkan pengguna untuk membuat animasi karakter mereka sendiri.

Dengan bantuan aplikasi ini pengguna juga dapat menggunakan logo merek sendiri, dan tambahan sumber daya lain seperti file audio, gambar, dan video dari komputer kamu pribadi sehingga hasil videonya lebih unik.

FlipaClip

Dengan bantuan aplikasi ini, pengguna dapat  membuat berbagai macam jenis animasi sesuai karakter yang akan mereka buat sendiri.

Aplikasi ni, selain tersedia untuk PC juga tresedia versi mobile, jadi cukup fleksibel. Anda bisa mencoba membuat video animasi lewat perangkat smartphone anda di mana saja dan kapan saja.

Ada beragam fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Seperti fitur memilih fpsnya, fitur drawingnya dan masih banyak fitur lainnya yang sangat membantu dalam proses pembuatan animasi. Untuk anda yang baru saja belajar membuat video animasi, aplikasi yang satu ini sangat bisa anda coba.

Animation Desk

Aplikasi pembuat video animasi berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Animation Desk. Aplikasi ini juga tersedia dalam dua versi yakni untuk perangkat PC dan juga Android. Dengan bantuan aplikasi animation desk ini pengguna bebas membuat frame yang diinginkan, dengan frame ratenya, mulai dari 3 fps hingga 24 fps.

Blender

Blender ini adalah software yang sifatnya open-source dan paling populer digunakan oleh para freelance. Kamu bisa menciptakan animasi 3D dan memodifikasi model, tekstur, cahaya, serta post-processing yang komplit dalam satu aplikasi.

Kelebihannya adalah Blender bisa digunakan antar platform berbeda dan tentunya sangat ringan. Karena sifatnya free to use, sehingga sangat cocok untuk pemula yang ingin mulai membuat video animasi secara gratis.

Animaker

Another great 2D animation maker. Animaker adalah software gratis yang bisa digunakan untuk mencoba memasuki dunia animasi. Animaker sendiri sudah dilengkapi dengan fitur dan aset-aset yang bisa digunakan untuk menciptakan berbagai video animasi 2D maupun 2.5D, lho! Bahkan ada pula fitur infografik, handicraft, whiteboard, bahkan animasi tipografi.

Umumnya Animaker memang digunakan untuk sarana infografis atau membantu proses pembelajaran atau presentasi. Dengan aplikasi Animaker ini memungkinkan anda  yang pemula sekalipun untuk membuat video animasi dalam berbagai gaya, baik itu infographic, tipografi, 2D, serta 2.5D.


Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)